• Senin, 5 Desember 2022

Pemkab Bondowoso Akan Jadikan Batu Lawang di Banyuputih Sebagai Destinasi Wisata

- Senin, 29 Agustus 2022 | 16:10 WIB
Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Moelyadi mengunjungi langsung lokasi Batu Lawang  (Nur Alifah Bahsa)
Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Moelyadi mengunjungi langsung lokasi Batu Lawang (Nur Alifah Bahsa)

KABAR RAKYAT - Pemerintah Daerah Bondowoso tengah melirik batu Megalitikum yang dikenal dengan Batu Lawang di situs Banyuputih, Kecamatan Wringin untuk dijadikan salah satu destinasi wisata.

Selain karena situs yang terbilang menarik, lengkap dengan pemandangan hamparan lautan dan pegunungan.

Alasan lain, karena batu yang juga dikenal dengan sebutan lain Batu Eppian- bahasa Madura yang artinya tempat menyepi atau bersemedi- itu, terletak di lokasi yang cukup strategis dengan rencana lokasi exit tol yang jaraknya sekitar 1 kilometer. Hanya berkisar 300 meter menuju jalan raya Provinsi.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Terus Pacu Program Ongkir Gratis UMKM Banyuwangi ke Seluruh Indonesia

Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, bersama Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Moelyadi mengunjungi langsung lokasi Batu Lawang itu, Senin (29/8/2022).

Wabup menjelaskan, pihaknya akan membangun beberapa infrastruktur untuk mendukung peningkatan status situs menjadi destinasi wisata.

Seperti rencana pengaspalan infrastruktur jalan sekitar 300 meter, pembuatan pagar pengaman, rest area, serta sarana prasana penunjang lainnya.

"Tadi Pak Mul sudah mengajukan beberapa anggaran untuk akses jalan, dan juga nanti akan dibantu dalam pembentukan Pokdarwis. Dan nanti akan diajukan untuk mendapatkan bantuan dari Kementerian Pariwisata," katanya.

Baca Juga: Pertamina Menegaskan, Bagi Oknum Penyalagunaan BBM Subsidi Akan Dijerat Pidana

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X