• Sabtu, 1 Oktober 2022

Setelah Vakum Dua Tahun, Karnaval Kebangsaan Banyuwangi Disambut Meriah Warga dan Pelajar

- Minggu, 14 Agustus 2022 | 09:05 WIB
Pemkab Bnayuwangi menggelar karnaval kebangsaan dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan RI/banyuwangikab
Pemkab Bnayuwangi menggelar karnaval kebangsaan dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan RI/banyuwangikab

KABAR RAKYAT - Karnaval Kebangsaan yang digelar Pemkab Banyuwangi dalam rangka memeperingati Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia berlangsung meriah, Sabtu (13/8/2022).

Ribuan penonton memadati jalanan yang dilalui para pelajar se-Banyuwangi peserta karnaval. Mereka mengaku “kangen” menyaksikan karnaval kemerdekaan setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi covid 19.

“Akhirnya ada karnaval lagi. Sudah kangen sekali nonton karnaval kebangsaan. Nonton siswa-siswa memakai aneka busana adat Indonesia. Ini menumbuhkan cinta dan bangga sama Indonesia di benak saya,” aku Karlina, warga Kebalenan saat menonton karnaval di jalan A. Yani.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Serahkan Tanda Kehormatan Satyalancana Bagi ASN yang Berdedikasi

Ribuan pelajar menampilkan beragam kesenian Indonesia. Ada yang membawakan tari Lilin dari Minangkabau Sumatera Barat, tari Kecak dari Bali, hingga kesenian asli Bumi Blambangan. Seperti jaranan buto, kebo-keboan, pitik-pitikan, Barong Osing, dan masih banyak lainnya. 

Karnaval kebangsaan merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun di Banyuwangi. Setelah sempat 2 tahun vakum karena pandemi, acara yang konsisten menampilkan beragam adat dan budaya Nusantara ini kembali dihelat untuk mengingatkan seluruh warga akan kebhinekaan Indonesia.

"Karnaval kebangsaan ini menjadi ajang merajut harmoni seluruh elemen bangsa, khususnya yang ada di Banyuwangi," kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa, saat melepas peserta karnaval dari halaman Kantor Bupati Banyuwangi. Kapolresta didampingi Kepala Cabang Dinas Provinsi di Banyuwangi Estu Handono, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Suratno, dan segenap jajaran OPD Banyuwangi.

Karnaval diikuti sebanyak 1.650 pelajar tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK Negeri dan swasta se-Banyuwangi yang terbagi dalam 33 kontingen.

Baca Juga: Sebanyak 85 Persen Kapal Nelayan di Banyuwangi Telah Disertifikasi

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X