• Selasa, 6 Desember 2022

Gelar Festival Oling River Food, Banyuwangi Terus Kampanyekan Jaga Keberlanjutan Sungai

- Rabu, 15 Juni 2022 | 08:07 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani naik perahu karet saat membuka festival Oling River Food di sungai Dam Limo,Kecamatan Tegaldlimo (Banyuwangikab.go.id)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani naik perahu karet saat membuka festival Oling River Food di sungai Dam Limo,Kecamatan Tegaldlimo (Banyuwangikab.go.id)

KABAR RAKYAT - Pemkab Banyuwangi secara simultan terus berupaya menjaga kebersihan sungai. Berbagai program digalakkan untuk mengampanyekan jaga kebersihan sungai.

Terbaru Banyuwangi menggelar Festival Oling River Food, di tepi sungai Dam Limo, Desa Tegaldlimo, Kecamatan Tegaldlimo.

"Kebersihan sungai harus dilakukan secara simultan dan berkelanjutan, agar masyarakat turut serta untuk bergotong royong dan bersama-sama menjaga kebersihan sungai," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat membuka kegiatan tersebut, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: Maskot Porprov 2022 Resmi dilaunching Gubernur Jatim

Dinas PU Pengairan Banyuwangi memiliki program dimana dam-dam sungai disulap menjadi sebuah ruang publik. Area dam dipercantik dan warga dilibatkan dalam pengelolaannya.   

Seperti halnya di Dam Limo, kawasan stren kali tersebut dijadikan destinasi wisata. Di kawasan yang asri ini, sungai terlihat bersih terjaga kebersihannya, selain juga disediakan gubuk-gubuk untuk warga berjualan. 

Sambil menikmati keindahan dan kebersihan sungai di kawasan Dam Limo, pengunjung diajak menikmati makanan khas setempat, yakni ikan sidat, atau unagi, atau yang biasa dikenal dengan oling oleh penduduk setempat dengan berbagai varian olahan. Dam Limo merupakan salah satu tempat ladangnya ikan untuk berkembang biak.

“Warga Dam Limo mengajak pengunjung untuk merasakan sensasi menikmati Unagi dengan citarasa khas Indonesia di sebuah areal dam di pinggir sungai yang bersih," kata Kepala Dinas PU Pengairan Guntur Priambodo.

Baca Juga: Profesional Kelola Anggaran, Polresta Banyuwangi Raih Peringkat Pertama Penghargaan Kemenkeu RI

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X