• Senin, 4 Juli 2022

Kunjungan Wisatawan Luar Negari di Jawa Timur Meningkat Drastis Bulan Ini: Bromo, Kawah Ijen, Alas Purwo, DLL

- Senin, 16 Mei 2022 | 22:34 WIB
Ilustrasi wisatawan luar negeri (photoalexandru/Pexels)
Ilustrasi wisatawan luar negeri (photoalexandru/Pexels)

KABAR RAKYAT - Wisatawan luar negeri mulai datang berkunjung tempat wisata di wilayah Jawa Timur. Pasca Indonesia diumumkan masuk endimi Covid-19.

Pergerakan wisatawan mancanegara di Jawa Timur terlihat di Bandara Udara Internasional Juanda berdasarkan rilis penelitian oleh BPS mencatat terjadi 57 kunjungan di bulan Maret 2022.

Laporan BPS terkait wisata di Jawa Timur, disebut Gubernur Khofifah Indar Parawansa, berbeda di bulan Januari dan Februari 2022 mencatat kosong kunjungan wisatawan mancanegara.

Kunjungan wisman pada bulan Maret 2022 naik sebesar 9,62%, jika dibandingkan dengan jumlah Wisman pada bulan Maret 2021 lalu, yakni sebesar 52 kunjungan.

Baca Juga: Cahaya Bulan Menyinari Puncak Perayaan Waisak 2022 Bertempat di Candi Borobudur 

Asal negara wisatawan luar negari datang di Jatim, diprosentase antara lain; tertinggi adalah Malaysia sebesar 22,89%. Lalu disusul Singapura sebesar 8,015%, Tiongkok sebesar 5,676%, Thailand sebesar 2,862%, dan USA sebesar 1,905%.

Adapun tempat wisata di Jatim diminati wisatawan luar negeri adalah; Kawah Ijen, Bromo Tengger Semeru (BTS), Greenbay, Pulau Merah, Tumpak Sewu, Gunung Semeru, Pantai Waru Karung, Taman Nasional Alas Purwo, dan Kota Tua di Surabaya.

Melihat itu, Gubernur Khofifah, mengatakan, tatanan new normal memberikan harapan bagi kebangkitan industri pariwisata di Jawa Timur.

Tanggapan Gubernur Jatim juga Ketua Umum IKA UNAIR, pergerakan wisatawan itu dipengaruhi kebijakan pelonggaran peraturan mulai ketentuan tes Covid-19 dan karantina mandiri bagi wisman.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Pemprov Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X