• Minggu, 25 September 2022

Puter Kayun Tradisi Napak Tilas Masyarakat Osing Boyolangu Banyuwangi Kembali Digelar

- Rabu, 11 Mei 2022 | 16:29 WIB
Puter Kayun masyarakat Boyolangu naik dokar menuju Watudodol (Hariyadi)
Puter Kayun masyarakat Boyolangu naik dokar menuju Watudodol (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Puter Kayun sebuah tradisi napak tilas masyarakat Osing Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri Banyuwangi dengan naik Dokar (Delman) menuju Watu Dodol Kembali digelar, Rabu 11 Mei 2022 setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Ritual menepati janji warga Boyolangu kepada para leluhur yang telah berjasa membuka jalan di kawasan utara Banyuwangi dilaksanakan setiap tanggal 10 Syawal atau H+ lebaran Idul Fitri. 

Ketua Adat Puter Kayun Kelurahan Boyolangu, Abdallah mengatakan perhelatan Puter Kayun pasca vakum selama 2 tahun karena pandemi ini disambut antusias oleh masyarakat. Bahkan banyak masyarakat yang datang dari luar Boyolangu yang ingin menyaksikan tradisi tersebut.

Baca Juga: Jelang Liga Selancar Paling Bergengsi Dunia, Bupati, Ipuk Fiestiandani Pimpin Rakor di Pantai Plengkung

"Di tahun sebelumnya tetap digelar sederhana, tidak ada iring-iringan. Pasca kembali digelar masyarakat banyak yang antusias," ucap Abdallah.

Ia mengatakan tradisi ini sendiri sudah dilakukan oleh leluhurnya sejak berpuluh tahun silam. Tujuan dari tradisi ini sendiri adalah sebagai gambaran ungkapan wujud syukur kepada tuhan.

Selain itu juga menjadi pengingat perjuangan dari leluhur setempat, yakni Buyut Jakso atau yang dikenal Ki Martojoyo. Yang mana Buyut Jakso telah memberikan banyak peninggalan yang hingga kini manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Rute yang dilalui parade dokar hias ini menyusuri jejak dari leluhur Ki Buyut Jakso.

Baca Juga: BMKG Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Panas di Pertengahan Bulan Mei 2022 dengan Menjaga Stamina Tubuh

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X