• Kamis, 7 Juli 2022

Sambut Wisatawan Musim Libur lebaran, Pendakian TWA Kawah Ijen Dibuka Lebih Awal

- Kamis, 28 April 2022 | 09:10 WIB
TWA Kawah Ijen Banyuwangi (Hariyadi)
TWA Kawah Ijen Banyuwangi (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Sambut wisatawan di musim libur lebaran 2022, pendakian di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi akhirnya dibuka lebih awal.

Hal ini menguntungkan wisatawan, karena bisa melihat fenomena alam blue flame satu-satunya di dunia ini.

Hal ini terungkap dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur, Selasa kemarin (26/4). Surat edaran bernomer SE.902/K2/BIDTEK.1/KSA/04/2022 mengatur tentang waktu pendakian (TWA) Kawah Ijen.

Baca Juga: PT Bumi Suksesindo Selesaikan Perbaikan Jalan Ringinagung, Pesanggaran: Sarana Darat untuk Lebaran

Kepala Pos TWA Kawah Ijen, Sigit Haribowo membenarkan adanya perubahan jam pendakian di TWA Kawah Ijen. Waktu pendakian di TWA Kawah Ijen akan dimulai pukul 02.00 hingga 12.00 WIB. Perubahan jam pendakian itu berlaku mulai tanggal 30 April 2022.

"Benar, ada perubahan jam pendakian TWA Kawah Ijen. Awalnya jam 03.00 WIB ke jam 02.00 WIB," ujarnya, Rabu (27/4/2022).

Dalam surat edaran tersebut juga menjelaskan, perubahan jam pendakian TWA Kawah Ijen dikarenakan banyaknya masukan dari masyarakat dan aspek teknis lainnya. Sehingga, setelah mempertimbangkan BBKSDA Jatim akhirnya menyetujui adanya perubahan jam pendakian.

Kegiatan pendakian wajib mengikuti ketentuan SOP pendakian yang berlaku. Antara lain mempersiapkan peralatan keamanan pendakian dasar (senter, masker, pakaian anti dingin) serta mengikuti protokol kesehatan yang berlaku (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

Baca Juga: Jelang Lebaran, Dinas Pertanian dan pangan Banyuwangi Sidak Kesehatan Daging Konsumsi

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X