• Kamis, 18 Agustus 2022

Dam Tengoro Songgon, Destinasi Wisata Baru di Banyuwangi

- Kamis, 14 April 2022 | 14:07 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Kepala DPU Pengairan, Guntur Priambodo saat peluncuran wisata Dam Tenggoro (Hariyadi)
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama Kepala DPU Pengairan, Guntur Priambodo saat peluncuran wisata Dam Tenggoro (Hariyadi)

KABAR RAKYAT - Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata. Bahkan baru-baru ini Banyuwangi memperkenalkan satu destinasi wisata baru, yakni destinasi wisata Dam Tengoro.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pengairan memanfaatkan kawasan stren kali Dam Tengoro sebagai destinasi wisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke wisata yang berlokasi di Desa/Kecamatan Songgon tersebut.

Selain untuk menarik minat wisatawan, upaya pemanfaatan tersebut dilakukan juga untuk menjaga kebersihan dan kelestarian daerah aliran sungai (DAS).

Baca Juga: Gubernur Khofifah Luncurkan Paket Data Juara Pendidikan, Pelajar Jatim Nikmati Empat Poin Prioritas

Makanya, di destinasi ini didesain semenarik mungkin dengan suguhan spot-spot yang cukup Instagramable. Di tempat ini juga terdapat kolam renang untuk anak-anak, kolam pancing, serta gubuk-gubuk untuk peristirahatan, serta pemandangan alam yang masih asri dan menyejukkan mata.

Kepala DPU Pengairan Banyuwangi, Guntur Priambodo menyampaikan, destinasi wisata baru Dam Tengoro dikenalkan bersamaan dengan launching program Sekolah Rawat Daerah Aliran Sungai di Banyuwangi (Sekardadu) pada akhir Maret 2022 lalu.

Sekardadu sendiri merupakan gerakan lintas sektor, dari beberapa dinas serta melibatkan seluruh sekolah SD, SMP, SMK, Ponpes, hingga perguruan tinggi yang kawasannya dialiri sungai. 

"Para siswa dan mahasiswa diberi pengetahuan tentang menjaga ekosistem sungai serta diberi pemahaman kepada mereka agar turut serta menjaga kebersihan daerah aliran sungai. Dengan harapan, kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan sungai dapat terus tumbuh," jelasnya, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: 1.225 ASN Banyuwangi Lolos Seleksi Formasi 2021 Resmi Menerima SK Pengangkatan

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X