• Senin, 24 Januari 2022

Wisata Religi Pamekasan yang Tak Bisa Dilewatkan, Astah Rabah di Sumedangan Penuh Karomah

- Minggu, 31 Oktober 2021 | 11:53 WIB
Wisata Religi Pamekasan yang Tak Bisa Dilewatkan, Astah Rabah di Sumedangan yang Penuh Karomah (Langit Biru TV)
Wisata Religi Pamekasan yang Tak Bisa Dilewatkan, Astah Rabah di Sumedangan yang Penuh Karomah (Langit Biru TV)

KABAR RAKYAT, WISATA - Makam Rabah atau juga Astah Rabah terletak di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, hingga saat ini masih menjadi legenda. Tempat tersebut merupakan situs religi penuh karomah bekas kawasan hutan belantara.

Dalam sejarahnya, Astah Rabah merupakan makam Kyai Agung Abdurrahman, ia adalah murid Kyai Agung Aji Gunung Sampang. Dia salah seorang tokoh penuh karomah yang sangat disegani di Pulau Madura, sedari zaman panembahan Ronggosukowati hingga sekarang.

Kyai Agung Rabah sangat terkenal sebagai seorang wali agung pada masanya. Bahkan, ia juga diyakini sebagai pakunya Pulau Madura.

Baca Juga: Institut Teknologi PLN Operasikan Laboratorium Gasifikasi Biomassa dan Sampah Pertama di Indonesia

Kyai Agung Abdurrahman yang kemudian mendapat julukan Kyai Agung Rabah, dikenal dengan kealiman dan karomahnya. Selain alim dalam ilmu fiqih, ia juga dikenal sebagai ahli di bidang ilmu ushul.

Dahulu kala, di zaman kolonial Belanda, pesantren Rabah, tempat Kyai Agung Rabah mengajarkan ilmu agama bagi para santri dan masyarakat sekitar, dan juga menjadi salah satu tempat persembunyian para laskar pejuang.

Laskar pejuang jika bersembunyi di tempat tersebut sulit untuk bisa ditemukan, pasukan Belanda tidak pernah bisa menembus kawasan Rabah ini, saat mencari para pejuang.

“Karomah Kyai Agung Rabah terasa hingga saat ini. Kawasan ini seakan ada pagar gaib. Konon, para pejuang juga mengambil bambu sojjin Rabah sebagai senjata,” terang Pengasuh Pondok Pesantren Rabah, Abdul Hamid, yang saat ini juga telah menulis buku Kyai Agung Rabah, Rabah, dan Sejarahnya, Sabtu, 30 Oktober 2021.

Baca Juga: Viral Mobil Plat Merah Halangi Laju Ambulance yang Sedang Bawa Korban Kecelakaan

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X