• Jumat, 22 Oktober 2021

Perketat Wisman, Hanya 6 Negara Ini Saja yang Diperbolehkan Pemerintah Untuk Berwisata ke Pulau Dewata Bali

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 09:46 WIB
Ilustrasi Pulau Dewata Bali (Pixabay / DEZALB / 3674 images)
Ilustrasi Pulau Dewata Bali (Pixabay / DEZALB / 3674 images)

KABAR RAKYAT, BALI - Pada 14 Oktober 2021 mendatang, Pemerintah RI mulai membuka Bali untuk menerima wisatawan mancanegara atau turis luar negeri yang berkunjung kesana.

Pernyataan dibukanya Bali bagi turis asing ini disampaikan melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Akan tetapi Sandiaga juga menyampaikan bahwa pemerintah hanya membolehkan 6 negara saja yang boleh berwisata ke Pulau Dewata Bali.

Baca Juga: Kakek yang Dimarahi Baim Wong Bukan Pengemis, Profesinya Ternyata Mulia

Sandiaga juga menyampaikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi wisatawan mancanegara (wisman) untuk berwisata ke Bali, dalam rangka pelaksanaan uji coba ke daerah tersebut, pada 14 Oktober 2021.

“Mulai dari mendapatkan visa kunjungan singkat atau izin masuk lainnya sesuai ketentuan yang berlaku, hasil negatif Covid-19 melalui tes RT-PCR (Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction) yang sampelnya diambil maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan,” ujar Sandiaga, dalam Weekly Press Briefing, Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Selanjutnya, wisman wajib memiliki bukti vaksinasi lengkap dengan dosis ke-2, berada di negara berada di negara dengan kategori low-risk, asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal 100 ribu dolar AS, lalu mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Perang Dukungan Kepada Puan Maharani VS Ganjar Pranowo, Banteng dan Celeng Saling Serang di Medsos

Saat persyaratan kedatangan (on arrival requirement), wisman disebut juga harus mengisi E-Hac (formulir yang wajib diisi oleh penumpang transportasi udara untuk mencegah penyebaran Covid-19) via aplikasi PeduliLindungi, kemudian melaksanakan tes RT-PCR sesampainya di tempat kedatangan.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Sumber: Pikiran Rakyat, PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Bondowoso Mulai Pulihkan Sektor Pariwisata

Rabu, 15 September 2021 | 21:12 WIB
X