• Minggu, 25 September 2022

Bertemu Menteri PPN, Bupati Salwa Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark

- Senin, 19 April 2021 | 20:23 WIB
Bertemu Menteri PPN, Bupati Salwa Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark
Bertemu Menteri PPN, Bupati Salwa Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark

KABAR RAKYAT - Bupati Salwa Arifin mendampingi kunjungan kerja Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa di Kabupaten Situbondo, Minggu (18/4/2021).

Bupati Bondowoso manfaatkan kunjungan Menteri Suharso, untuk meminta dukungan tentang pengembangan Ijen Geopark yang tengah proses pengajuan ke Unesco. Untuk menarik hati Pak Menteri, sempat ditontonkan vidio pengembangan Ijen Geopark secara langsung.

"Kami (Bondowoso) mengharap infrastruktur di kawasan wisata alam (Ijen) bisa terwujud," katanya.

Terlebih, Ijen Geopark sendiri kini menjadi salah satu prioritas pengembangan wisata di Bumi Ki Ronggo.

Tidak ingin tertinggal, KH. Salwa menyampaikan akan gerak cepat untuk bisa dapat dukungan itu. Bahkan dalam sambutan Menteri PPN  akan siap mendorong melalui deputi yang ada.

Untuk informasi,  dalam pengembangan Ijen Geopark ini ada tiga situs yang diajukan ke UNESCO Global Geopark. Yakni situs geologi, biologi dan culture (budaya).

Situs geologi ada sembilan. Terdiri dari Kawah Ijen/Blue Fire, Kawah Wurung, Aliran Asam Kalipait, Komplek Mata Air Panas Blawan, Lava Blawan, Air Terjun Gentongan, Aliran Lava Blalangan, Dinding Kaldera Ijen Megasari dan Taman Batu So’on Solor.

Situs Biologi terdiri dari Hutan Pelangi dan Kopi Bondowoso. Sementara situs budaya yakni Struktur Gua Butha Sumber Canting, Struktur Gua Butha Cermee, Situs Megalitik Maskuning Kulon, Singo Ulung dan Tari Petik Kopi.***

Editor: Kabar Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X