• Selasa, 30 November 2021

Banyuwangi Kembali Gelar Pameran Kepurbakalaan Peninggalan Kerajaan Blambangan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 18:55 WIB
Pameran kepurbakaaln yang digelar Pemkab Banyuwangi, nampak gambar keris peninggalan kerajaan Blambangan (Hariyadi)
Pameran kepurbakaaln yang digelar Pemkab Banyuwangi, nampak gambar keris peninggalan kerajaan Blambangan (Hariyadi)

KABAR RAKYAT,BanyuwangiPemkab Banyuwangi  kembali menggelar pameran Kepurbakalaan, mulai 4 – 6 Oktober 2021 bertempat di Pelataran kantor Dinas Kebudyaan dan Pariwisata.

Masyarakat dapat melihat berbagai benda purbakala peninggalan abad ke 17 saat Banyuwangi masih berbentuk Kerajaan Blambangan seperti artefak Lingga Sempurna yang terbuat dari batuan andesit berwarna hitam keabu-abuan.

Artefak ini biasanya digunakan umat Hindu sebagai sarana pemujaan pada Dewa Siwa. Ada pula Stupica, yakni miniatur stupa yang terbuat dari tanah liat dan ditemukan di area situs Gumuk Klinthing, Muncar. Artefak ini digunakan umat Budha untuk sarana pemujaan terhadap sang Budha. 

Baca Juga: Klinik Rapid Tes di Ketapang Kembali Menjamur, Hati-Hati Memilih Swab Antigen Jangan Tergiur Harga Murah

Kepala Disbupar Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, mengatakan pameran kepurbakalaan ini sebagai media promosi sekaligus edukasi.

"Jadi Banyuwangi tak hanya kaya akan destinasi wisata, tapi juga budaya dan situs yang harus kita lestarikan," ucap Bramuda, Senin,4 Oktober 2021.

Dalam pameran itu pengunjung juga bisa melihat benda-benda purbakala lainnya yang ditempatkan di Museum Blambangan, seperti koleksi lukisan kuno, barang-barang antik, foto-foto Banyuwangi Tempo Doeloe, dan mengunjungi Pusat Informasi Geopark Ijen.

Baca Juga: Perbaiki Kinerja Pelayanan Publik, RSUD Blambangan Banyuwangi Luncurkan Aplikasi E-NGET

Kegiatan ini juga diisi dengan pengenalan tentang geopark ijen kepada para pelajar yang dihadiri para pelajar. Mereka dikenalkan bahwa benda-benda purbakala memanfaatkan material geologi yang ada di sekitarnya. 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: banyuwangikab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X