• Selasa, 30 November 2021

Pemerintah Bondowoso Mulai Pulihkan Sektor Pariwisata

- Rabu, 15 September 2021 | 21:12 WIB
Puncak Megasari Bondowoso
Puncak Megasari Bondowoso

KABAR RAKYAT, BONDOWOSO - Sektor pariwisata di Kabupaten Bondowoso perlahan mulai bangkit dan telah dibuka resmi secara simbolis oleh Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat sejak pekan lalu.

Pembukaan destinasi wisata seiring SE Bupati Bondowoso Nomor : 443.2/432/430/ 2021. SE itu merujuk pada Inmendagri Nomor 39 Tahun 2021. Dalam SE itu dijelaskan bahwa pembukaan destinasi wisata tetap wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Wabup Irwan mengatakan dengan dibukanta kembali tempat wisata akan menggeliatkan perekonomian di kabupaten Bondowoso. "Saya secara simbolis membuka secara resmi tempat tempat destinasi wisata Agar nantinya bisa menggeliatkan perekonomian D bondowoso utamanya UMKM dan pelaku usaha wisata, " Paparnya, Selasa (14/9/2021).

Wabup Irwan juga mengimbau agar para pengunjung tetap patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dan SOP yang berlaku. Karena telah dibuka kembali tempat wisata, Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) setempat akan menambah pemandu wisata (Tour Guide) yang saat ini tidak sampai 50 orang.

Baca Juga: Darurat Pelecehan Seksual, Sahkan RUU TPKS dan Beri Pendidikan Seksual Pada Anak Sejak Dini

Kepala Disparpora Bondowoso, Mulyadi menerangkan pemandu wisata merupakan ujung tombak kepariwisataan di suatu daerah. Baik buruknya wisata di suatu daerah tergantung mereka di lapangan. Dengan bertambahnya pemandu wisata, diharapkan para pengunjung lokal maupun internasional nantinya tidak kebingungan dan dapat terlayani dengan baik.

Dia yakin, cepat atau lambat pandemi Covid-19 akan berakhir sehingga pemerintah dan para pelaku usaha wisata harus segera mempersiapkan diri untuk bangkit. Untuk itu, mulai saat ini pihaknya membenahi segala kekurangan di semua lini.

Ditambahkan oleh Kabid Pariwisata, Arif Setyo Rahardjo, saat ini Bondowoso hanya memiliki sekitar 35 pemandu wisata yang akan diaktifkan lagi. Namun jumlah tersebut dirasa kurang dan akan ditambah sebanyak 20 orang.

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Besok 16 September 2021: Aries, Gemini, Taurus dan Cancer

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X