• Selasa, 30 November 2021

Musium Kereta Api ‘Gerbong Maut’ Bondowoso Bakal Difasilitasi Kuliner, Begini Kata KAI

- Rabu, 8 September 2021 | 04:05 WIB
Salah satu peninggalan PT. KAI sejarah Gerbong Maut di Bondowoso (Istimewa/dok. PT KAI/Kabar Rakyat)
Salah satu peninggalan PT. KAI sejarah Gerbong Maut di Bondowoso (Istimewa/dok. PT KAI/Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, Bondowoso – Pemerintah daerah Bondowoso akan mengoptimalkan Musium Kereta Api bersejarah peristiwa ‘Gerbong Maut’ jaman kolonial belanda. Ungkapan itu disampaikan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat saat berkunjung dan bertemu jajaran PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IX Jember, belum lama ini.

Secepatnya, pemerintah setempat akan membangun sarana prasaran pusat kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disekitar Musium Kereta ApiGerbong Maut’ di Bondowoso.

"Kalau hanya museum kan yang ngunjungi disana tak begitu banyak yang minat. Tapi kalau ada pusat kulinernya, kan bisa yang ada (mengunjungi, red) di museumnya kan banyak juga. Itu konsep kerjasamanya," tutur Wabup Irwan, Selasa 7 September 2021.

Untuk pembangunan gedung Musium Kereta Api, induknya, kata Wakil Bupati Bondowoso itu, akan dibangun oleh PT. KAI. Namun, karena ada refocusing jadinya rencana pembangunan pada tahun 2021 tepaksa ditunda.

Baca Juga: Gara-Gara Sampah, Atap Gedung UPTD Sekolah Dasar Pasean II Terbakar

Baca Juga: Bapemperda DPRD Banyuwangi Bersama Kanwil Kemenkum HAM Jatim Harmonisasi Dua Raperda Inisiatif Dewan

"Makanya ini Pemerintah Daerah juga akan bersurat kepada PT KAI, supaya pembangunannya manjadi skala prioritas di 2022. Supaya dibangun, tapi yang bangun PT. KAI," ungkapnya.

Pertemuan Wabup Bondowoso dan jajaran dinas di PT. KAI Daop IX Jember (Istimewa/Dok Pemda Bondowoso)

Sementara itu, Tohari, Pelaksana Harian Manager Humas Daop 9 Jember, menerangkan, menyambut baik rencana Pemkab Bondowoso yang akan mengelola kanan-kiri museum sebagai pusat kuliner.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X