• Senin, 4 Juli 2022

Fenomena Antariksa Langka, 5 Planet Sejajar Dapat Terlihat di Indonesia Pada 24 Juni 2022

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:04 WIB
Fenomena 5 planet sejajar akan terlihat di Indonesia akhir bulan ini/Pikiran Rakyat.com
Fenomena 5 planet sejajar akan terlihat di Indonesia akhir bulan ini/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Fenomena lima planet sejajar yang biasa terjadi setiap belasan tahun akan dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Dan fenomena akan semakin terlihat pada minggu terakhir bulan Juni 2022.

Dilansir dari situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena parade langit tersebut akan ada enam benda langit atau  planet yang berada segaris atau sejajar, planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus dan Bulan

Fenomena yang disebut parade langit itu dapat disaksikan pada waktu subuh hingga 24 menit sebelum matahari terbit. Dalam pengamatan ini, dilakukan sesuai dengan waktu subuh masing-masing wilayah.

Baca Juga: Smartphone Lipat Pertama Vivo X Fold akan Dipamerkan di Indonesia Akhir Bulan Juni 2022,Simak Spesifikasinya

"Kan waktu subuh masing-masing wilayah itu berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih ya sekitar jam set 5 sampai jam set 6," ujar Andi Pangerang selaku peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan dalam situs lapan, Jumat (3/6/2022) lalu.

"Ada 8 hari (pengamatan fenomena langka), itu konjungsi sektet atau parade langit. Ada 6 benda langit di sini, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan," lanjutnya.

Andi menambahkan, sebenarnya tidak hanya lima planet saja yang terlibat, tapi juga ada Uranus, sehingga sebenarnya ini bukan lagi konjungsi kuintet (lima benda langit) melainkan konjungsi sektet (enam benda langit).

"Jadi ada 6 planet yang berjajar, ada Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus Kalau ditambah dengan Bulan pada tanggal 20-27 Juni, itu jadinya konjungsi sektet," ungkapnya.

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Scorpio, Aquarius, Capricorn dan Pisces Besok 23 Juni 2022

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: lapan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X