• Selasa, 6 Desember 2022

Ingat !! Malam Ini Terjadi Fenomena Bulan Hitam di Indonesia, Dampaknya Air Laut Pasang

- Senin, 30 Mei 2022 | 14:25 WIB
Hari ini di Indonesia bisa saksikan fenomena Bulan Hitam atau Black Moon/Pikiran Rakyat
Hari ini di Indonesia bisa saksikan fenomena Bulan Hitam atau Black Moon/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan wilayah Eropa Bagian Timur,Indonesia hingga Kepulauan Line hari ini Rabu,30 Mei 2022 pukul  akan mengalami fonomena Bulan Hitam atau Black Moon yang mengakibatkan air laut pasang.

Dilansir dari laman edusainsa. brin.go.id, mengapa fenomena Bulan Hitam bisa terjadi berbeda-beda disetiap tempat ? Hal tersebut dikarenakan zona waktu yang digunakan berbeda-beda disetiap tempat.

Selain itu, jatuhnya fase bulan baru untuk setiap lunasi juga berrbeda-beda sehingga ada wilayah yang mengalamiBulan Hitam Tripel, ada wilayah yang mengalamu Bulan Hitam Ganda dan ada wilayah yang hanya mengalami Bulan Hitam sekali saja.

Baca Juga: 5 Minuman Berenergi yang Baik Dikonsumsi di Pagi Hari, Silahkan Mencoba

Bulan Hitam secara kasat mata memang tidak dapat dilihat karena konfigurasi Bumi-Bulan-Matahari yang terlihat pada satu garis lurus jika diamati dari atas kutub. Sehingga permukaan Bulan yang menghadap Bumi tidak terkena cahaya Matahari dan bulan tampak gelap.

Setiap 2 hingga 5 kali setahun,konfigurasi ini bertepatan dengan Ketika Bulan berada di titik simpul orbit (perpotongan ekliptika dan orbit Bulan) sehingga bayangan Bulan kjatuh ke permukaan Bumi dan mengakibatkan gerhana Matahari.

Bulan Hitam (sebagai bulan baru kedua di akhir bulan Masehi) sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 31 Oktober 2016 dan 30 Agustus 2019. Fenomena ini akan terjadi Kembali pada 31 Desember 2024 dan 30 September 2027 mendatang.

Sedangkan Bulan Hitam sebagai bulan baru ketiga di dalam musim astronomis yang mengandung empat bulan baru sebelumnya pernah terjadi di Indonesia pada 22 Agustus 2017 dan 19 Agustus 2020 dan fenomena inii akan terjadi Kembali pada 19 Mei 2023 dan 23 Agustus 2025.

Baca Juga: Pemeran Badarawuhi Film Horor KKN DI Desa Penari Ketiban Mistis, Indigo: Sosoknya Persis Aulia Sarah

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: brin.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X