• Kamis, 7 Juli 2022

Organsasi Gajah Indonesia Beri Wasasan Penyebab Mati Gajah Jantan di Aceh, Berikut Penjelasannya

- Kamis, 24 Februari 2022 | 02:56 WIB
Gajah (Dok. KLHK).
Gajah (Dok. KLHK).

KABAR RAKYAT - Perkelahian binatang gajah biasa terjadi saat usia muda. Saat Gajah betina dalam masa birahi ingin kawin dengan gajah betina.

Sedangkan usia agresif binatang Gajah masuk fase 'musth'. Saat Gajah jantan muda masuk dalam usia antara 10 sampai 20 tahun. Memicu kemunginan terjadi perkelahian.

Hal tersebut, dikutip Kabar Rakyat dari akun instagram @gajah.indonesia, Kamis, 24 Februari 2022. Yakni sebuah organisasi nirlaba, Forum Konservasi Gajah Indonesia (FKGI) yang konsisten ikut menjaga dari kepunahan.

Baca Juga: Misi Dagang Jawa Timur ke Sulawesi Tengah Sukses: Komitmen Dorong Kemandirian Fiskal di Daerah

Baca Juga: Tingkatkan Ekonomi Lokal, Petani Kopi Banyuwangi Bertemu Investor di Ijen Coffee Market

Dalam akun medsosnya, mereka prihatin dengan peristiwa Gajah jantan muda mati dalam kondisi penuh luka-luka diduga tusukan Gading. Yang terjadi di wilayah hutan produksi Desa Pucuk Krueng Pasee, Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara

Diduga gajah ini terlibat perkelahian sesama gajah liar hingga mengakibatkan kematian.

Perkelahian antar gajah alami terjadi pada gajah jantan muda, saat berusia 10 hingga 20 tahun. Pada usia ini gajah akan mengalami fase "musth" pada waktu berkala. Musth atau masa birahi adalah saat gajah sedang berlimpah hormon reproduksi.

Ciri-cirinya adalah gajah akan mengeluarkan cairan dari kelenjar temporal di kedua sisi kepala mereka, serta mengeluarkan urin secara konstan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Instagram, gajah.indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X