• Rabu, 27 Oktober 2021

PT Pertani Akan Kembangkan Pupuk Cair Dari Limbah Sekam

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 10:57 WIB
Limbah sekam padi dikembangkan menjadi pupuk cair (Hariyadi)
Limbah sekam padi dikembangkan menjadi pupuk cair (Hariyadi)

KABAR RAKYAT,Jakarta - Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertani berencana mengembangkan biosilika cair nanoteknologi dari limbah sekam. Pengembangan pupuk cair  biosilika memiliki specifikasi nanoteknologi yang dapat menaikan produktifitas tanaman padi hingga 3 ton per hektar.

Pengembangan pupuk cair dari limbah sekam ini merupakan kalaborasi PT.Pertani dengan Balai Besar Penilitian dan Pengembangan Pasca Panen. Penandatanganan perjanjian pra lisensi telah dilaksanakan pada hari Kamis (26/08) kemarin di Gedung Graha Gabah PT Pertani (Persero) Jakarta Selatan.

Direktur Utama PT Pertani, Maryono menyampaikan, untuk memastikan tingkat ketersediaan bahan baku pupuk biosilika cair ini akan memakai limbah dari pabrik beras / RMU (Rice Milling Unit) yang dimiliki oleh PT Petani (Persero).

Baca Juga: Cek Harga Emas Hari Ini 27 Agustus 2021, Mulai dari Antam Hingga UBS

“Pada tahun 2021 dari 13 RMU yang dioperasikan PT.Pertani akan menghasilkan limbah  sekam padi sebesar 26.429 ton per tahun. Potensi limbah sekam sebanyak itu bila diproses menjadi pupuk biosilika akan mendapatkan pupuk sebesar 10.juta liter per tahun dengan potensi pendapatan sebesar Rp. 504 Milyar pertahun” ujar Maryono dalam keterangannya seperti dilansir Kabar Rakyat dari Situs Resmi Kementerian BUMN, Jum’at (27/08/2021)

Selain itu, ia juga telah menyiapkan sejumlah strategi terkait rencana distribusi dan pemasaran.

“Dalam pendistribusiannya kami memiliki jejaring yg kuat, karena kantor cabang dan unit pemasaran serta gudang kami tersebar hampir di seluruh provinsi dan sejumlah kota besar di tanah air ditambah kami merupakan anggota BUMN Klaster Pangan yang akan bersinergi , “ ucap Maryono

Baca Juga: 26.000 Masker KF94 Gyeongnam Korsel Selatan Diterima Wabup Emil

Dan untuk pemasaran produk ini juga akan disiapkan untuk para petani penangkar padi yang selama ini bekerjasama cukup lama dengan PT Pertani (Persero) yang jumlahnya kurang lebih  7.800 orang petani.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X