• Jumat, 19 Agustus 2022

Kementerian Kominfo berharap Masyarakat Hati-Hati Terhadap Aplikasi Ilegal Pencuri Data Pribadi

- Kamis, 21 April 2022 | 16:13 WIB
Kominfo minta masyarakat Hati-hati adanya aplikasi ilegal di Google Play Store/Pikiran Rakyat
Kominfo minta masyarakat Hati-hati adanya aplikasi ilegal di Google Play Store/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Kementerian Komunikasi dan Informatika berharap kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap aplikasi illegal yang tersedia di Google Play Store.

“ Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi yang diduga mengambil data pribadi secara tanpa hak, “ ucap Juru Bicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi dalam siaran persnya, Kamis 21 April 2022 seperti dilansir Kabar Rakyat dari kominfo.go.id.

Menurutnya Kominfo tengah mempelajari dugaan pemrosesan data pribadi secara tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.  Dan melakukan langkah koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya, yang selanjutnya akan dilakukan upaya dan langkah-langkah sesuai ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Kementerian Perhubungan Kembali Gelar Angkutan Motor Gratis untuk Mudik Lebaran, Cek Syarat dan Tujuannya

Sementara pihak Google telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data penggunanya secara tanpa hak.

Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store. Dan masyarakat diminta untuk melakukan langkah pengamanan antara lain seperti:

Memutakhirkan sistem keamanan perangkat, melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi secara tanpa hak jika aplikasi telah tampil kembali di Google Play Store dan menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak, dan. tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Baca Juga: Musim Haji Tahun 2022, Indonesia akan Berangkatkan 100.051 Jemaah Haji

Menurut Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melalui akun instagramnya, ada 11 aplikasi diantaranya Speed Camera Radar, Al- Moazin Lite (Prayer Times), Wifi Mouse, QR and Barcode Scanner,Qibla Compas-Ramadan 2022, Simple Weather and Clock Widge, Smart Kit 360, Al Quran MP3-50 Reciters and Translation Audio, Full Quran MP3-50+ Language and Translation Audio, Audiosdroid Audio Studio DAW dan Handcent Nex SMS-Text w/MMS.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: kominfo.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X