Selalu Mengikuti Tren, Google Dinilai Telah Membunuh Konten Original Youtube

- Rabu, 19 Januari 2022 | 09:53 WIB
Tampilan konten dalam website Youtube (Pexels: cottonbro)
Tampilan konten dalam website Youtube (Pexels: cottonbro)

KABAR RAKYAT, Teknologi - Divisi YouTube yang didirikan enam tahun lalu untuk membuat konten asli dan eksklusif untuk layanan YouTube Premium bayar per bulan. Namun, Variety telah melaporkan bahwa grup konten video asli Google, YouTube Originals, telah mati. 

Sekarang, grup tersebut ditutup, dan kepala konten asli global YouTube, Susanne Daniels akan meninggalkan perusahaan pada bulan Maret 2022 mendatang.

YouTube adalah situs web video de facto, tetapi Google masih cenderung mengejar tren video web baru yang muncul.

Baca Juga: Tampilan Design iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dari Apple Bocor, Simak Perbedaannya!

YouTube Shorts adalah tiruan dari TikTok. YouTube Gaming adalah tiruan dari Twitch. Cerita YouTube dimaksudkan untuk menjadi jawaban untuk Snapchat.

YouTube Originals menjadi sorotan di Netflix, yang pada tahun 2016 menarik perhatian dengan acara-acara pemenang penghargaan seperti House of Cards dan Orange Is the New Black. Saat itu, YouTube Premium seharga 12 dollar AS per bulan dimulai sebagai "YouTube Red", dan penawarannya disebut YouTube Red Originals.

Baca Juga: Perbandingan Android 11 vs 12, Simak 3 Fitur Terbaik di OS Tebaru di Ponsel Kamu!

Pada awalnya, YouTube memberikan putaran YouTube yang jelas pada konten asli dan melemparkan anggaran besar ke pembuat konten bintang platform, menghasilkan acara seperti Scare PewDiePie, yang dibuat oleh produser eksekutif The Walking Dead.

YouTube Originals akhirnya berputar untuk menghasilkan lebih banyak konten bergaya Hollywood dan meraih beberapa kesuksesan pada tahun 2018 dengan sekuel The Karate Kid Cobra Kai.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: variety.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X