• Jumat, 22 Oktober 2021

Facebook dan Twitter Masih Menjadi Rujukan Terpopuler Warga untuk Mendapatkan Berita Terbaru

- Selasa, 21 September 2021 | 09:25 WIB
Ilustrasi sosial media, salah satunya Twitter. (Pixabay/LoboStudioHamburg)
Ilustrasi sosial media, salah satunya Twitter. (Pixabay/LoboStudioHamburg)

KABAR RAKYAT, Teknologi - Sebagian besar warga di Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka sering mendapatkan berita terbaru melalui situs media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Meskipun angka itu (48%) sedikit lebih rendah dari tahun lalu, hal itu dapat menimbulkan kekhawatiran mengingat kerentanan media sosial terhadap informasi yang salah.

Menurut data terbaru yang diterbitkan oleh Pew Research Center berhasil mendapat beberapa temuan menarik. Facebook tetap menjadi pesaing terbesar, dengan 31% orang dewasa yang menggunakan media sosial AS yang disurvei mengatakan bahwa mereka secara teratur mendapatkan berita dari Facebook.

Baca Juga: PT Pertamina Lubricant Membuka Lowongan Pekerjaan Baru, Simak Syarat dan Caranya Sekarang!

Itu diikuti oleh YouTube pada 22% dan Twitter pada 13%. Twitter, bagaimanapun, dipandang lebih berita daripada dua situs lainnya, menurut Pew. Jika Anda hanya melihat pengguna Twitter (dan tidak semua orang dewasa AS), 55% mengatakan mereka secara teratur mendapatkan berita di situs media sosial.

Sementara itu, "Kurang dari satu dari 10 orang Amerika mengatakan bahwa mereka secara teratur mendapatkan berita dari Reddit (7%), TikTok (6%), LinkedIn (4%), Snapchat (4%), WhatsApp (3%) dan Twitch (1%)," menurut Pew dikutip dari Cnet Selasa 21 September 2021.

Baca Juga: Anak-anak Berusia di Bawah 14 Tahun di China Dilarang Menonton TikTok Lebih dari 40 Menit

Dari segi demografi, orang-orang yang sering beralih ke media sosial untuk mencari berita didominasi oleh kulit putih. Lebih dari setengah konsumen berita reguler di Facebook (60%), Twitter (51%) dan Reddit (54%) berkulit putih, dengan Twitter (46%) dan LinkedIn (45%) tertinggal di belakang.

Pada platform yang lebih fokus secara visual seperti Snapchat, TikTok dan Instagram, persentase pengguna Hispanik yang secara teratur mendapatkan berita dari platform mendekati atau, dalam kasus Snapchat, melebihi persentase pengguna kulit putih, menurut Pew.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: cnet.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X