Mengenal Lebih Dalam Mengenai Motherboard

- Minggu, 12 Maret 2023 | 07:17 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

KABAR RAKYAT - Sebenarnya, ada sebuah hardware yang menjadi komponen sangat penting dalam sistem komputer yaitu motherboard. Hardware ini merupakan komponen utama yang menjadi papan sirkuit elektronik dan menjadi tempat semua komponen komputer di satukan.

Untuk lebih jelas lagi, yuk kita mengenal lebih jauh mengenai motherboard. Berikut ulasannya.

  • Apa itu Motherboard.

Pengertian motherboard secara umum merupakan sebuah PCB atau Printed circuit Board yang menyediakan sebuah jalur konektivitas elektronik sehingga setiap perangkat keras dan komponen dapat saling terhubung.

Di dalam PCB juga terdapat sebuah chip yang didalamnya terpasang program penggerak. Komponen-komponen yang terdapat di papan sirkuit berupa Ram, Hard disk, Processor, Video Card, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi HP Android Harga 1 Jutaan, Ada yang Miliki Kamera 50MP

Saat terjadi perintah, pesan akan dilanjutkan ke motherboard lalu dilanjutkan board yang sesuai. Bisa dibilang, bagian dari motherboard adalah inti dari komputer itu sendiri.

  • Fungsi Motherboard.

Motherboard memiliki fungsi sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Jadi, tugas dari motherboard untuk menghubungkan Bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Contohnya, motherboard berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat keras seperti Prosessor, RAM, Hard disk, Power Supply, dan lainnya.

  • Jenis-jenis Motherboard.

Ada 4 jenis motherboard yang pada umumnya banyakk digunakan pada PC dan Laptop, seperti berikut.

Baca Juga: Inilah 8 Kelebihan Alight Motion Pro Yang Harus Kamu Ketahui

  1. Motherboard ATX.

Menjadi salah satu motherboard yang banyak digunakan dan merupakan motherboard versi upgrade dari jenis AT yang banyak kekurangannya.

Keunggulan dari motherboard ini adalah tersedianya lebih banyak slot memori yang bisa digunakan untuk menambah memori, RAM, dan kartu grafis.

  1. Motherboard Micro-ATX.

Secara garis besar, motherboard Micro-ATX memiliki kesamaan dengan jenis motherboard ATX. Perbedaannya hanya dari ukuran yang lebih kecil dan untuk harga motherboard Micro-ATX juga memiliki harga yang lebih murah.

  1. Motherboard E-ATX.

menjadi salah satu motherboard paling besar di dunia, kelebihan dari motherboard E-ATX ini yaitu hadirnya banyak slot kosong yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X