• Kamis, 2 Desember 2021

Kesadaran Baru Ketua MUI Jember, Berbuat Baiklah Kepada Siapapun: Seru KH. Abdul Haris

- Senin, 26 Juli 2021 | 09:31 WIB
KH. Abdul Haris Pengasuh Ponpes Albidayah, Tegalbesar Kaliwates Jember
KH. Abdul Haris Pengasuh Ponpes Albidayah, Tegalbesar Kaliwates Jember

KABAR RAKYAT, RELIGI - Sudah lumrah menjumpai, ada manusia cenderung hanya berbuat baik kepada mereka yang baik kepadanya, dan manusia enggan pula berbuat baik kepada mereka yang jahat.

Maknanya, perbuatan baik dibalas baik, dan jahat dibalas jahat. Akan tetapi, juga memungkinkan ada seseorang yang berbuat baik kepada mereka yang jahat kepadanya, dan sebaliknya.

Menanggapi fenomena demikian, KH. Abdul Haris, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Jember, mengingatkan kepada para santri untuk berbuat baik maksimal kepada siapapun.

"Berbuat baiklah maksimal," ajak KH. Abdul Haris yang lebih suka disapa ustadz oleh santri-santrinya.

“Tidak usah berfikir orang lain untuk berbuat baik kepada panjenengan atau kepada kita,” terang Pengasuh Pondok Pesantren Albidayah, Tegalbesar Kaliwates Jember.

Kata Kiai Haris, "yang penting kita maksimal. Baik itu sebagai seorang suami, seorang anak, sebagai seorang bapak".

Terusnya lagi, “upayakanlah semaksimal mungkin anda berbuat baik dan janganlah kemudian harus ada balasan atau imbalan.”

"Tapi insyaallah seandainya yang kita hadapi adalah normal, orang pada umumnya, ketika kita maksimal berbuat baik nanti akan dibalas yang baik", ajak Kiai Haris di acara Ultah ke-50.

Ia mengungkapkan bahwa tersebut adalah kesadaran barunya. "Jadi kita tidak usah menuntut orang lain berbuat baik kepada kita", tandasnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Doa Bulan Rabiul Awal Berikut Manfaatnya

Senin, 11 Oktober 2021 | 08:13 WIB
X