• Jumat, 19 Agustus 2022

Khutbah Jum’at : Dengan Tema Keistimewahan Lima Huruf Bulan ‘Ramadhan’

- Selasa, 5 April 2022 | 14:39 WIB
Khutbah Jum'at tema Keistimewahan Lima Huruf Ramadhan/Pikiran Rakyat
Khutbah Jum'at tema Keistimewahan Lima Huruf Ramadhan/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Peningkatan kualitas dan kuantitas ibadah menjadi sebuah target yang harus dicapai setiap umat Islam sehingga mampu meraih keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan.

Keistimewaan ini pun jika kita renungkan sudah termaktub dalam lima huruf kata ‘Ramadhan’ (رمضان) yang dipaparkan dalam materi khutbah Jumat ini.

Dilansir Kabar Rakyat dari nu.or.id, Selasa,05 April 2022. Berikut materi Khutbah Jum’at ini yang mengingatkan kita untuk senangtiasa memaksimalkan ibadah di Bulan Ramadan.

 Khutbah

  الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ، وَبِفَضْلِهِ تَتَنَزَّلُ الْخَيْرَاتُ وَالْبَرَكَاتُ، وَبِتَوْفِيْقِهِ تَتَحَقَّقُ الْمَقَاصِدُ وَالْغَايَاتُ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَانَبِيَّ بَعْدَهُ. اللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ المُجَاهِدِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ، فَيَا آيُّهَا الحَاضِرُوْنَ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ. يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah Mengawali khutbah ini, tidak bosan-bosannya, khatib mengajak kepada diri khatib pribadi dan seluruh jamaah untuk senantiasa bersyukur pada Allah swt atas segala anugerah nikmat yang kita terima dalam kehidupan ini.

Dan juga mari kita terus meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt, bukan hanya diucapkan melalui lisan kita saja, namun terlebih dari itu ditancapkan dalam hati dan diwujudkan dalam perbuatan kita sehari-hari.

Di antara wujud komitmen bertakwa itu adalah senantiasa menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Perintah untuk senantiasa memiliki ketakwaan yang kokoh ini juga sering disampaikan oleh para khatib dalam khutbahnya dengan mengingatkan umat Islam melalui firman Allah dalam

Al-Qur’an surat Al-Imran ayat 102: يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: nu.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X