• Jumat, 19 Agustus 2022

Rukun Islam, Sholat 5 Waktu Wajib Dilaksanakan Bagi Muslim : Ada 5 Hal yang Batalkan Sholat

- Selasa, 5 April 2022 | 04:14 WIB
Jadwal Imsak Hari Ini Wilayah Sidoarjo, Batu, Malang, Lengkap Dengan Waktu Sholat dan Buka Puasa. (unsplash/Levi Meir Clancy)
Jadwal Imsak Hari Ini Wilayah Sidoarjo, Batu, Malang, Lengkap Dengan Waktu Sholat dan Buka Puasa. (unsplash/Levi Meir Clancy)

KABAR RAKYAT - Seorang Muslim, Rukun Islam yang kedua, Sholat 5 waktu yangh wajib dilaksanakan. Secara khusyuk dan harus sesuai dengan ketentuan.

Pasalnya, Sholat 5 waktu diterima Nabi Muhammad SAW langsung dari Allah SWT, melalui perjalanan khusus, dikenal Isra Miraj.

Adapun macam Sholat 5 waktu dilaksanakan Muslim, diantaranya sholat Subuh, Sholat Dzuhur, Sholat Ashar, Sholat Maghrib, dan Sholat Isya.

Baca Juga: TRAGIS, Pemotor Scoopy di Banyuwangi Tabrak Truk Berhenti; TKP Bangorejo, Satu Remaja Tewas

Dianjurkan agar umat Muslim mengetahui, hal-hal apa saja yang membatalkan Sholat.

Dirangkum Pikira-Rakyat.com dan dikutip KabarRakyat.id, pada, Selasa, 5 April 2022. Yakni, dari buku Fiqh Islami karya Sulaiman Rasyid, berikut beberapa hal yang dapat membatalkan sholat.

1. Meninggalkan salah satu rukun

Rasulullah SAW bersabda kepada orang yang sholat dengan tidak benar dengan meninggalkan thuma’ninah dan i’’tidal yang merupakan rukun sholat, sebagaimana hadist dari Abu Hurairah:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika masuk masjid, maka masuklah seseorang lalu ia melaksanakan sholat. Setelah itu, ia datang dan memberi salam pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau menjawab salamnya. Beliau berkata, “Ulangilah shalatmu karena sesungguhnya engkau tidaklah sholat.”

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X