• Jumat, 19 Agustus 2022

Rutinlah Ibadah Sunah, Sholat Tahajud di Waktu Utama: Insyaallah Hajatmu Terkabul

- Senin, 4 April 2022 | 03:41 WIB
Ilustrasi sholat dengan khusyuk. (Canva/Studio Turkey)
Ilustrasi sholat dengan khusyuk. (Canva/Studio Turkey)

KABAR RAKYAT - Ibadah sunah yang dianjurkan, adalah sholat Tahajud dua rakaat, hanya dikerjakan setelah sholat Isya sampai waktu masuk sholat Subuh.

Meskipun waktu melaksanakan sholat Tahajud cukup panjang. Disarankan melaksanakan Tahajud setelah tidur, pada waktu utama diyakini lebih mustajab.

Ada tiga kategori waktu tertentu, tepat melaksanakan sholat Tahajud setiap malam hari. Dikutip KabarRakyat dari Pikiran-Rakyat.com, Senin, 4 April 2022. Adapun waktu melaksanakah ibadah Sholat Tahajud yang mustajab;

Baca Juga: Ngabuburit di RTH Benculuk Masyarakat Dihibur Tarian Barong Osing

a. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 19.00 sampai dengan 22.00, ini saat utama.

b. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini saat yang paling utama.

c. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini adalah saat yang paling utama.Menurut hadits Rasulullah SAW yang berbunyi:

Yanzilu rabbuna illa samaa-id dun-ya hiina yabqq tsulutsul lailil akhiri, fayaquulu, hal min daa'in faastajiibu lahu hal min saa-ilin fa-a'tyhiyahu, hal min mustaghfirin fa-agh firu lahu, hatta yathlu'al fairu.

Artinya: "Perintah Allah turun ke langit dunia diwaktu tinggal sepertiga yang terakhir dari waktu malam, lalu berseru: adakah orang-orang yang memohon (Berdo'a), pastikan akan kukabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu subuh".

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X