Beberapa Amalan Sunah di Hari Jumat Yang Dianjurkan Rasulullah Bagi Umat Muslim

- Kamis, 4 November 2021 | 17:47 WIB
Ilustrasi orang berdoa/Pikiran Rakyat.com
Ilustrasi orang berdoa/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT, Religi - Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari paling istimewa dibandingkan enam hari lainnya dalam satu minggu. Jumat menjadi hari yang sangat penting dalam ajaran Islam. Bahkan, ada berbagai kejadian penting yang terjadi di hari Jumat.

Dirangum Kabar Rakyat dari berbagai sumber pada Kamis 04 Nopember 2021, Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:

"Hari terbaik dimana pada hari itu matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, dimasukkan surga serta dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat." (HR. Muttafaqu Alaih)

"Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu." (HR. Muttafaqu Alaih)

Untuk itu terdapat beberapa amalan yang baik dilakukan di malam hingga saat Sholat Jum’at bagi umat muslim.

 

     1. Membaca Surah Al-Kahfi

Rasullulah menganjurkan umatnya untuk membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat atau pada malam Jumat. Dalam surah Al-Kahfi terdapat 110 ayat dan merupakan surah ke-18 dari 114 surah dalam Alquran. Dianjurkan bahwa sebaiknya surat Al-Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya, yaitu hari Jumat.

Rasulullah SAW bersabda:

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Amalan Malam Nifsu Sya’ban, Doa Latin dan Artinya

Selasa, 15 Maret 2022 | 10:15 WIB

Keutamaan dan Amalan di Bulan Sya’ban

Jumat, 11 Maret 2022 | 08:47 WIB
X