• Selasa, 7 Desember 2021

Rahmatan Lil Alamin: Islam itu Ramah Tamah, Bukan Marah-Marah

- Jumat, 10 September 2021 | 13:32 WIB
Ahmad Roihan Thoha Ridlo (Koleksi Pribadi)
Ahmad Roihan Thoha Ridlo (Koleksi Pribadi)

Oleh : Ahmad Rayhan Thoha Ridlo*

KABAR RAKYAT - Saat ini banyak sekali yang salah memahami makna sebenarnya tentang Islam, banyak orang-orang di luar sana yang menganggap bahwasanya Islam itu adalah agama yang brutal, agama yang tidak mengenal adanya kedamaian, bahkan seringkali Islam dicap sebagai agama teroris, hal tersebut tentunya tidaklah benar.

Jika kita lihat kata “islam” secara bahasa memiliki arti damai, tentram, selamat dan keselamatan, maksud dari keselamatan ini bukan hanya keselamatan bagi umat muslim semata, akan tetapi keselamatan ini juga ditujukan kepada seluruh makhluk baik itu umat muslim, umat non muslim, bahkan keselamatan ini juga ditujukan kepada hewan, tumbuhan dan seluruh makhluk ciptaan Allah SWT.

Kesalahpahaman mengenai Islam sendiri bukan hanya terjadi dikalangan kaum non-muslim, akan tetapi banyak juga dari kalangan kaum muslim yang salah memahami Islam. Islam bukan hanya menyangkut hubungan dengan Allah (hablum minallah) semata.

Baca Juga: Bukan Hanya Untuk Unduh Sertifikat Vaksin, Ada Manfaat Lain di Aplikasi PeduliLindungi

Akan tetapi Islam juga menyangkut hubungan dengan sesama manusia (hablum minannas). Seseorang tidak bisa dianggap sempurna islamnya dengan hanya berhubungan baik dengan Allah semata, akan tetapi seseorang baru bisa dikatakan sempurna islamnya jika menerapkan hubungan baik kepada sesama manusia. 

Jika muncul anggapan bahwa ajaran Islam adalah ajaran yang brutal dan tidak beradab, hal tersebut tentulah tidak benar. Sebab Islam selalu mengajarkan suatu kedamaian, bukan hanya kedamaian bagi umat islam sendiri, tetapi juga menyebar kedamaian kepada semua manusia. di dalam Islam dikenal konsep Islam rahmatan, lil alamin. Sebagaimana firman Allah dalam QS: Al-Anbiya’ 107

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ 

Artinya : Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.

Halaman:

Editor: Moh. Husen

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Doa Bulan Rabiul Awal Berikut Manfaatnya

Senin, 11 Oktober 2021 | 08:13 WIB
X