• Kamis, 2 Desember 2021

Gubernur Khofifah Memberi Penghargaan KH Ali Manshur Shiddiq - Pencipta Shalawat Badar

- Minggu, 5 September 2021 | 03:33 WIB
KH. Ali Manshur Shiddiq  (Repro/Sidogirimedia)
KH. Ali Manshur Shiddiq (Repro/Sidogirimedia)

Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas, Pemprov Jatim Usulkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

KABAR RAKYAT, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri haul ke 51 KH Ali Manshur Shiddiq secara virtual di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, 3 September 2021.

Acara haul ini sendiri diselenggarakan secara Hybird dari makam KH Ali Manshur Shiddiq di Desa Maibit Rangel Tuban. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jatim yang akrab disapa Khofifah ini memberikan penghargaan berupa piagam dan lencana Tanda Kehormatan Jer Basuki Mawa Beya Emas kepada KH Ali Manshur Shiddiq sebagai pencipta syair shalawat badar yang diwakili oleh ahli waris Saiful Ali Manshur.

Penghargaan ini dianugerahkan sebagai bentuk pengakuan dan kehadiran negara di ranah kebudayaan dan perjuangan keagamaan-kebangsaan.

"Kami sampaikan terima kasih atas perkenan kehadiran keluarga besar dari almarhum KH Ali Manshur, Gus Saiful Islam Ali Manshur untuk menerima apresiasi penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Emas yang merupakan tanda kehormatan tertinggi dari Pemprov Jatim," ungkapnya.

Baca Juga: Sebut Saja Mereka Maling, Begini Kata Abi Shibab dan Najwa Shihab

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1 Hari Ini, PSIS Semarang Kalahkan Persela Lamongan Lewat Gol Tunggal di Injury Time

Khofifah menjelaskan, bahwa sholawat badar ini diciptakan oleh KH Ali Manshur Shiddiq pada tahun 1962 pasca dekrit 1959 dan jelang meletusnya Gestapu di tahun 1965. Dimana pada tahun tersebut situasi politik di Indonesia sedang tidak menentu.

Tak hanya itu, di tahun 1998 di saat Indonesia mengalami krusis moneter yang cukup dalam, media elektronik termasuk televisi dan radio-radio mengumandangkan Sholawat Badar. Begitu juga dengan para pekerja di perkantoran sudah secara reflek mengumandangkan Shalawat Badar.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: Humas Provinsi Jatim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Doa Bulan Rabiul Awal Berikut Manfaatnya

Senin, 11 Oktober 2021 | 08:13 WIB
X