• Jumat, 19 Agustus 2022

Berdampak Negatif, Jangan Biasakan Tangki BBM Motor dan Mobil Kosong

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 12:24 WIB
Berdampak negatif,jangan biasakan tangki BBM kendaraan kosong/Pikiran Rakyat
Berdampak negatif,jangan biasakan tangki BBM kendaraan kosong/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Bagi pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat yang sering membiarkan tangkI Bahan Bakar Minyak (BBM) kosong dan baru mengisi ketika hendak benar-benar habis harus segera merubah kebiasaan tersebut. Karena, membiarkan tangki BBM dalam keadaan kosong dapat membawa dampak negatif pada kendaraan.

Dilansir dari momotor.id ,Berikut beberapa dampak negatifnya jika kebiasaan tersebut terus dilakukan.

Baca Juga: Cegah Heat Stroke saat Ibadah Haji, Perbanyak Minum Jangan Tunggu Haus

Tangki BBM Berkarat.

Tangki bensin yang sering kosong akan membuatnya mudah berkarat. Jika karat itu terus dibiarkan, lama kelamaan tangki bisa berlubang. Itu sebabnya, sangat dianjurkan mengisi tangki motor dengan bahan bakar yang penuh, atau setidaknya cukup untuk merendami tangki motor.

Jika tangka BBM motor  maupun mobil sudah berkarat, lama kelamaan karat tersebut akan terendap dan mengotori bahan bakar. Jika hal ini sudah terjadi, sangat disarankan menguras tangkinya lebih dulu. Pengurasan ini dilakukan agar bahan bakar yang diisi nanti tidak terkontaminasi dengan karat atau kotoran yang terendap di dalam tangki.

Baca Juga: Espargaro Kalahkan Tim Ducati, Tercepat di latihan kedua MotoGP Mugello Italia

Full Pump Terganggu

Endapan karat dan kotoran yang berada di dalam tangki motor jika tidak segera diatasi juga akan berdampak pada terganggunya fungsi fuel pump. Akibatnya, sistem distribusi bahan bakar dari tangki motor ke mesin akan bermasalah. Efeknya bisa membuat motor mogok.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: momotor.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Pamerkan Tampilan Warna Baru MT 15

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X