• Jumat, 19 Agustus 2022

Merawat Rem Kendaraan Agar Berfungsi Baik Saat Perjalanan Jauh

- Kamis, 14 April 2022 | 10:11 WIB
Perawatan rem kendaraan/Pikiran Rakyat
Perawatan rem kendaraan/Pikiran Rakyat

KABAR RAKYAT - Kondisi kendaraan yang prima akan membawa rasa aman saat melakukan perjalanan jauh. Dan salah satu yang harus diperhatikan adalah piranti pengereman, terkadang masih banyak pemilik kendaraan yang terkesan menyepelekan perawatan rem.

Fungsi rem pada kendaraan sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan terutama saat berkendara di jalan tol. Begitu vitalnya peran rem ini, maka tentunya ada perawatan berkala yang harus dilakukan.

Semua beragam jenis rem perlu mendapat perhatian. Seperti rem hidrolik, rem cakram, rem tromol dan juga rem dengan fitur anti-lock braking system (ABS).

Dilansir Kabar Rakyat dari Daihatsu.co.id, Kamis,14 April 2022, berikut kita bahas cara-cara merawat rem kendaraan supaya awet dan bisa digunakan dengan baik.

Baca Juga: Kenali Jenis-jenis Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik Sebelum Membeli

  1. Pembersihan cakram dan kampas rem

Bagian cakram pada ban mobil memiliki bentuk yang terbuka bahkan menghadap ke jalanan. Tentunya partisi ini rentan terpapar dan diendapi kerak debu. Bagian ini harus rutin dibersihkan dan dicek rutin, apalagi kalau sering melewati jalanan berdebu, genangan air, lumpur, bahkan saat musim hujan. Kalau cakram mulai berkarat, Sahabat bisa membersihkannya dengan cairan pembersih karat agar fungsinya tetap maksimal. 

  1. 2. Piringan rem mobil 

Sering mendengar bunyi decitan kalau lagi injak pedal rem? Mungkin permukaan di kampas rem atau piringan mobilnya mulai menipis. Salah satu perawatan yang bisa Sahabat lakukan adalah dengan mengamplas kampas rem agar permukaannya tetap rata. 

Sebagai catatan, kondisi ini bisa dilakukan kalau piringan remnya masih dalam keadaan prima. Kalau kata montirnya mulai menipis, mau tidak mau ya harus diganti dengan yang baru. 

Baca Juga: Kemenpan RB Memperbolehkan ASN Mengambil Cuti Tahunan di Periode Libur dan Cuti Bersama Idul Fitri 1443 H.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: daihatsu.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Pamerkan Tampilan Warna Baru MT 15

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X