• Kamis, 7 Juli 2022

Beberapa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Perlu Anda Ketahui

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 09:14 WIB
Ilustrasi AC mobil/portalsulut-pikiran rakyat.com
Ilustrasi AC mobil/portalsulut-pikiran rakyat.com

KABAR RAKYAT - Saat berada di dalam mobil, AC tentunya menjadi ‘perangkat’ penting yang tidak boleh sampai dilewatkan. Keberadaan AC di dalam mobil memang cukup esensial, terlebih saat cuaca sedang panas.

Meski begitu, hadirnya AC juga memerlukan berbagai perawatan agar tetap sejuk saat digunakan. Perawatan yang tidak teratur bisa menimbulkan masalah pada AC, seperti tidak bisa lagi menyejukkan ruang kabin dan sekitarnya.

Masalah AC mobil tidak dingin biasanya terletak pada mesinnya. Agar mengetahui masalahnya spesifik, mari kita simak delapan penyebab AC tidak dingin ini.

Baca Juga: Review Toyota Sequoia 2023 Mulai Spesifikasi, Teknologi dan Design Terbarunya

Melansir dari berbagai sumber, Sabtu 12 Maret 2022, terdapat beberapa aspek yang menyebabkan AC tidak lagi berfungsi memberikan kesejukan para pengendara dan juga penumpang di dalamnya. Berikut:

Freon habis, Agar bisa berfungsi, AC membutuhkan freon. Kalau freon habis, maka bisa dipastikan AC tidak akan dingin dan hanya keluar angin. Oleh karenanya, coba cek freon AC apabila Anda tidak merasakan sensasi dingin di dalam kabin.

Motor pada Extra Fan Mati, Bisa jadi penyebab AC mobil tidak dingin karena bagian extra fan yang tidak berputar. Posisi dari extra fan berada di depan kondensor. Extra fan yang tidak berfungsi akan menghalangi proses kondensasi di dalam kondensor berjalan.

Padahal proses kondensasi sangat penting untuk menyediakan udara dingin yang masuk ke dalam kabin.  Baiknya jika extra fan pada AC mobil sudah mulai lemah atau bahkan mati, ganti saja dengan yang baru.

Baca Juga: Institut Teknologi PLN Operasikan Laboratorium Gasifikasi Biomassa dan Sampah Pertama di Indonesia

Sistem AC mobil kelebihan tekanan,Hati-hati kalau Anda baru saja mengisi oli kompresor. Sebab, pengisian oli kompresor yang berlebihan akan membuat tekanan di dalam freon AC meningkat. Kalau tekanan sudah meningkat, maka kompresor akan berubah menjadi sangat panas.

Fan Belt Putus, Selanjutnya, penyebab AC mobil tidak dingin juga disebabkan oleh fan belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC mobil terputus, sehingga membuat kompresor tidak berputar. Dampaknya, kompresor tidak bekerja dan AC mobil tidak dingin karena freon juga mengalami gangguan.

Ada beberapa penyebab fan belt putus pada AC mobil, yakni putaran mesin terlalu panas, kualitas fan belt yang kurang bagus, atau usia fan belt yang sudah lama. Anda harus memastikan penggunaan fan belt yang berkualitas demi menghindari masalah ini.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Pamerkan Tampilan Warna Baru MT 15

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X