• Minggu, 22 Mei 2022

Empat Tips Merawat Aki Kering Motor Agar Lebih Awet

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:03 WIB
Aki kering kendaraan bermotor/astramotor
Aki kering kendaraan bermotor/astramotor

KABAR RAKYAT - Akumulator atau lazim disebut aki (accu) merupakan komponen penting kendaraan bermotor sebagai penyuplai energi ke system elektrikfikasi pada kendaraan. Komponen penyuplai aliran listrik atau aki ini memiliki dua macam jenis yaitu aki kering dan basah yang mana kedua jenis aki tersebut memiliki kebutuhan dan fungsi yang berbeda-beda.

Untuk saat ini kendaraan bermotor di Indonesia sudah banyak yang menggunakan jenis aki kering, namun juga masih ada yang mengunakan jenis aki basah.  Disadur Kabar Rakyat dari astramotor.co.id, untuk membuat aki motor lebih awet berikut beberapa tips yang dapat diaplikasikan.

Baca Juga: Kaca Mobil Berjamur, Berikut Tips Menghilangkan Tanpa ke Bengkel

Panaskan Motor Setiap Hari
Cara merawat aki agar lebih awet adalah dengan memanaskan motor setiap harinya. Meski tidak dipakai, menyalakan motor tetap dibutuhkan agar komponen-komponen yang mendukung kelistrikan tetap memiliki kondisi baik. Setidaknya nyalakan listrik selama 10 sampai 15 menit.

Cek Terminal Aki
Jangan lupa untuk mengecek kedua terminal aki dan membersihkannya. Bagian ini sering dilupakan, padahal memiliki peran penting untuk mengalirkan seluruh energi listrik ke bagian-bagian yang membutuhkan daya. Jika tidak dibersihkan, kedua terminal aki bisa berkerak yang bisa menyebabkan penyaluran energi tidak maksimal. Kondisi terminal aki yang kotor pun memicu aki jadi cepat soak.

Baca Juga: Tips Merawat Kendaraan Saat Musim Hujan Tiba

Cek Ketinggian Aki
Tips lainnya perawatan aki agar lebih awet adalah dengan mengukur ketinggian air aki, apakah masih tinggi atau sudah rendah. Aktivitas mengecek dan mengisi air aki kerap kali dilupakan, padahal sangat berpengaruh dengan performa motor. Jika tidak dicek air akinya, maka aki bisa berumur pendek.

Hindari Penggunaan Aksesori Berlebihan Pada Motor
Merasa aki cepat habis atau soak? Bisa jadi karena aksesori motor yang berlebihan. Usahakan untuk tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya seperti menambah lampu-lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, atau mengubah tipe klakson motor melebihi batas yang dianjurkan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.***

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: astramotor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Empat Tips Merawat Aki Kering Motor Agar Lebih Awet

Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:03 WIB

Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Awet

Kamis, 6 Januari 2022 | 17:12 WIB
X