• Kamis, 7 Juli 2022

Cara Merawat CVT Motor Matic Agar Awet

- Kamis, 6 Januari 2022 | 17:12 WIB
CVT Motor Matic perlu perawatan agar awet/Pikiran Rakyat.com
CVT Motor Matic perlu perawatan agar awet/Pikiran Rakyat.com

KABAR RAKYAT - Sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini lebih memilih kendaraan bermotor jenis matic,karena pengoperasiannya lebih mudah dan praktis.

Namun pemilik motor matic wajib memperhatikan perawatan salah satu komponen yang sangat penting yakni bagian CVT motor matic.

Sistem transmisi CVT atau Continuously Variable Transmission merupakan alat penggerak otomatis pada motor matic, jadi tidak perlu memindahkan gigi atau persneling. Dalam rangka merawat CVT motor matic, setidaknya ada empat poin yang bisa menjadi perhatian utama pemilik kendaraaan.

Disadur Kabar Rakyat dari momotor.id, Kamis 06 Januari 2022 berikut penjelasan lengkapnya,

Baca Juga: Ramalan Cinta Zodiak Leo, Virgo, Libra, dan Sagitarius Besok 7 Januari 2022

Cek V-belt

Pemeriksaan V-belt perlu dilakukan secara rutin, setelah motor matik menempuh jarak kurang lebih 10.000 km. V-belt terbuat dari bahan karet dan perlu diganti bila kondisinya sudah menipis atau terlihat pecah atau retak pada ruasnya.

V-belt merupakan bagian penting sebagai penggerak motor matik sebagai salah satu bagian CVT motor matik. Jika konsisten memperhatikan kinerja V-belt akan menjaga keamanan berkendara, karena V-belt yang termakan usia saat pemakaian, dapat menyebabkan putus dan cukup berisiko ketika digunakan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Scorpio, Aquarius, Capricorn dan Pisces Besok 7 Januari 2022

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: momotor.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yamaha Pamerkan Tampilan Warna Baru MT 15

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:00 WIB
X