• Selasa, 7 Desember 2021

Honda Berbagi Tips Aman di Jalan, Begini Teknik Kontrol Gas dan Pengereman yang Baik

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:37 WIB
Pelatihan bermotor di MPM Honda Jatim (MPM Honda)
Pelatihan bermotor di MPM Honda Jatim (MPM Honda)

KABAR RAKYAT, OTOMOTIFHonda berbagi tips teknik dasar pengereman dan kontrol gas bermotor yang aman untuk diri sendiri dan pengguna jalan raya lainnya.

Hari Setiawan, Instruktur Safety Riding MPM (PT Mitra Pinasthika Mulia) distributor Honda Jatim, bagi tips bermotor untuk pemula dan yang sudah mahir.

Berikut fitur-fitur sepeda motor berhubungan keselamatan berkendara, seperti: sistem pengereman, instrumen lampu, kaca spion. Pahami fitur itu, berguna mengurangi potensi bahaya atau kecelakaan.

Heri Setiawan menyebutkan, "belajar teknik aman berkendara motor ada ragam metode latihan, mulai gunakan motor statis atau mesin kondisi mati untuk teknik pengereman".

Baca Juga: Harga Emas Mulai Naik Hingga 2 Persen, Waktunya Berinvestasi Sekarang Juga!

Lanjut Heri, pastikan mesin motor kondisi mati dengan posisi standar tengah. Tutup putaran gas lalu tarik tuas rem dengan 4 jari agar dapat rem maksimal.

Tarik tuas rem belakang atau injak pedal rem belakang lalu tarik tuas kopling dan turunkan kaki kiri. "Lakukan berulang-ulang untuk membiasakan diri sebelum berlatih dengan kondisi mesin menyala".

Gunakan alat simulasi bermotor seperti Honda Riding Trainer (HRT) agar berlatih teknik dasar yang aman dan efektif. Lanjutnya, metode berlatih menjalankan motor dari titik A menuju titik B didampingi instruktur berpengalaman.

Cara teknik kontrol gas, buka gas diputar secara perlahan agar tenaga bisa terkontrol baik dan tutup putaran gas dengan cepat. Namun, jika terdapat tuas kopling tarik cepat dan lepaskan perlahan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Special Deal: Beli Honda PCX160 Banyak Untungnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:45 WIB
X