• Sabtu, 4 Desember 2021

Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Selalu Prima Tidak Bikin Mogok di Jalan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:40 WIB
Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Selalu Prima Tidak Bikin Mogok di Jalan (Capri23auto / 5918 images)
Cara Merawat Aki Kering Motor Agar Selalu Prima Tidak Bikin Mogok di Jalan (Capri23auto / 5918 images)

KABAR RAKYAT - Aki merupakan bagian motor yang memiliki fungsi penting. Sehingga, perawatan pada aki sangat diperlukan. Aki motor merupakan sumber energi bagi kendaraan yang digunakan untuk starter dan juga untuk sumber energi lampu-lampu dan instruman lainnya.

Cara merawat aki kering perlu diketahui oleh pemilik kendaraan. Sebab, perawatan aki tidak hanya pada servis rutin, namun juga saat penggunaan keseharian. Sehingga, Anda harus mengetahui cara merawat aki kering pada motor dalam keseharian.

Tujuan perawatan baik aki kering maupun aki basah sama. Dimana menjaga umur aki agar lebih panjang. Sebab, aki normalnya bertahan hingga dua tahunan. Namun, semakin bertambah usia aki maka performa motor akan semakin menurun.

Baca Juga: 6 Cara Aampuh Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami, Jangan Buru-buru ke Dokter!

Aki kering sendiri mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit. Gel ini memiliki sifat yang sulit menguap, bahkan sekalipun menguap, sisa pembuangan uapnya akan masuk lagi ke dalam wadah aki sehingga Anda tidak perlu melakukan proses isi ulang seperti pada aki basah.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam penggunaan motor. Sehingga, usia aki kering pada motor Anda akan lebih awet. Berikut adalah cara merawat aki kering untuk motor Anda.

  1. Perhatikan Penggunaan Motor

Cara merawat aki kering pada motor yang paling dasar adalah dengan rutin menggunakan motor tersebut.

Apabila motor lama tidak digunakan, akan menimbulkan reaksi antara cairan dengan elektroda tidak akan terjadi, dan aki tidak bisa menyuplai listrik untuk komponen motor. Sehingga, gunakanlah motor minimal 10 menitan agar hal ini tidak terjadi. 

 Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Agar Tidak Mudah Sakit, Nomor 1 Wajib Dilakukan!

Halaman:

Editor: Ayu Nida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Special Deal: Beli Honda PCX160 Banyak Untungnya

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:45 WIB
X