• Rabu, 27 Oktober 2021

Bangkitkan UMKM, BLU PIP Hadirkan Fasilitas Pembiayaan UMi dan Program Pelatihan

- Senin, 30 Agustus 2021 | 17:06 WIB
Ilustrasi: UMKM
Ilustrasi: UMKM

KABAR RAKYAT, Nasional - Diterpa cobaan pandemi selama hampir 2 tahun terakhir, Pemerintah Indonesia terus berupaya untuk melindungi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat terus bertahan dari dampak pandemi.

Pemerintah telah melaksanakan berbagai program bantuan seperti program PEN, BPUM, Subsidi bunga KUR dan Non KUR, serta program UMi. Kali ini, Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU PIP) hadir dan membantu para pelaku usaha mikro untuk bangkit dari pandemi.

Tidak hanya melalui pembiayaan mudah dan cepat, BLU PIP juga memberikan program pelatihan dan pendampingan bagi para debitur secara menyeluruh dan masif.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Aman Covid-19 Dipantau Wagub Emil

Direktur Utama PIP Ririn Kandariyah menerangkan jika dalam kondisi pandemi saat ini, masih terdapat risiko penundaan pembayaran dari debitur. Hal itu diungkapkannya pada acara Lelang Produk UMi Unggulan Tahun 2021 yang merupakan rangkaian peluncuran program ‘Bersama Sahabat, UMi Bangkit’, Senin (30/08/2021).

Baca Juga: Begal Payudara Incar Pengendara Sepeda Motor Wanita di Malam Hari

“Dengan kondisi debitur dan permintaan pembiayaan yang masih belum stabil, para penyalur memiliki potensi terganggu cash flow-nya, dimana di satu sisi terdapat risiko penundaan pembayaran dari debitur, dan di sisi lain penyalur masih terbatas kemampuannya untuk menyalurkan pembiayaan baru karena demand masih belum stabil,” jelas Ririn dikutip dari situs resmi Kemenkeu.

Oleh sebab itu, dengan adanya program ini Ririn berharap agar para pelaku usaha ultra mikro yang belum memperoleh fasilitas Pembiayaan UMi bisa lebih tahu informasi mengenai program pembiayaan yang dilakukan oleh BLU PIP.

Baca Juga: Lahir Tanpa Tulang Tempurung, Bayi Neng Syifa Butuh Uluran Tangan Orang Baik

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kemenkeu

Tags

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X