• Rabu, 27 Oktober 2021

Syarat Naik KA pada Masa PPKM Level 3 dan 4 Mengikuti Aturan Ini

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 10:41 WIB
Kereta Api Indonesia (Istimewa/KAI)
Kereta Api Indonesia (Istimewa/KAI)

KABAR RAKYAT, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) belum menetapkan syarat baru untuk pengguna jasa, penumpang kereta api (KA) jarak jauh dan KA lokal, saat perpanjangan pemberlakukan pembatas kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa Bali dari tanggal 24 Agustus sampai 30 Agustus 2021.

Syarat penumpang KA massa PPKM masih mengikuti Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan No 58 Tahun 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 No 17 Tahun 2021.

“KAI masih mengacu (PPKM) pada SE Kemenhub No 58 Th 2021 dan SE Satgas Penanganan Covid-19 No 17 Th 2021. Dimana (penumpang) syarat naik KA Jarak Jauh untuk (PPKM) level 3 dan level 4 tetap sama dan untuk penggunaan Surat Tugas atau sejenisnya bagi KA Lokal masih diberlakukan," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Berikut persyaratan lengkap perjalanan menggunakan KA Jarak Jauh:

1. Menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Laka 'Tikungan Maut' Tegalsari, Seorang Pemotor tiba-tiba Tabrak Tiang LPJU Tewas

2. Menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan. 3. Pelanggan usia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan.

Syarat perjalanan menggunakan KA Lokal:

1. Hanya berlaku bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal yang dibuktikan dengan STRP atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Tugas dari pimpinan perusahaan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Sumber: KAI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X