• Jumat, 17 September 2021

Inilah Edaran Terbaru Satgas COVID-19 tentang Perjalanan Dalam Negeri

- Selasa, 27 Juli 2021 | 23:05 WIB

KABAR RAKYAT, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Edaran yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021.

“Surat Edaran ini berlaku efektif mulai tanggal 26 Juli 2021 sampai waktu yang ditentukan kemudian dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan perkembangan terakhir di lapangan ataupun hasil evaluasi dan kementerian/lembaga,” disebutkan dalam SE.

Latar belakang diterbitkannya peraturan ini adalah, bahwa sampai saat ini angka positif harian kasus COVID-19 masih belum menunjukkan penurunan yang signifikan sehingga dipandang perlu untuk memutus mata rantai penularan dengan membatasi aktivitas perjalanan masyarakat.

Selain itu kepatuhan protokol kesehatan masyarakat juga masih rendah dan memberikan peluang meningkatnya penularan COVID-19 di masyarakat terutama berupa klaster rumah tangga.

Baca Juga: Mensos Pastikan Percepatan Penyaluran Bantuan Sosial Bagi Masyarakat

“Hasil evaluasi lintas sektoral telah dilakukan dan menunjukkan angka positif harian kasus COVID-19 dalam masyarakat masih tinggi, maka dipandang perlu untuk menyesuaikan beberapa ketentuan dalam Surat Edaran Satgas COVID-19,” ujar Ganip dalam SE.

Ditegaskan Ganip dalam edaran tersebut, maksud SE ini adalah untuk menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat terhadap pelaku perjalanan dalam negeri. Sedangkan tujuannya adalah untuk melakukan pemantauan, pengendalian, dan evaluasi dalam rangka mencegah terjadinya peningkatan penularan COVID-19.

“Ruang lingkup Surat Edaran ini adalah protokol kesehatan terhadap Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang menggunakan seluruh moda transportasi untuk seluruh wilayah Indonesia,” tegas Ganip.

Baca Juga: Jatim Kini Miliki Rumah Kurasi Untuk Tingkatkan Standarisasi Kualitas Eksport Produk UMKM

Halaman:

Editor: Budi Setiawan

Sumber: Sekretariat Kabinet RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Apresiasi Gerak Cepat PLN Antisipasi Korupsi

Jumat, 3 September 2021 | 23:00 WIB

Kasal Tinjau Langsung Pendidikan Komando Marinir

Minggu, 22 Agustus 2021 | 05:25 WIB
X