• Senin, 25 Oktober 2021

Proyek PIP 2019 Kominfo Kediri Dikorupsi, Menjerat Pejabat ‘S’ dan Kerugian Negara Hampir Satu M

- Rabu, 21 Juli 2021 | 19:21 WIB
Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri
Kejaksaan Negeri Kabupaten Kediri

KABAR RAKYAT, Kediri - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kediri menetapkan satu tersangka inisial S dugaan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) di Lingkup Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten.

Tindak pidana korupsi tersebut terjadi di tahun 2019 dengan modus proyek fiktif di bidang Pelayanan Informasi Publik (PIP). Akibat tindak pidana korupsi dilakukan S yang merupakan salah-satu pejabat di Dinas Kominfo Kabupaten Kediri, kerugian negara mencapai 853 juta rupiah.

"Kasus dugaan tipikor ini, lalu dilaporkan ke Kejari Kabupaten Kediri pada tahun 2020 dan sempat ditangani Seksi Pidana Umum (Pidum). Namun pada bulan Juli 2021, kasus ini baru menemui perkembangan dan mulai ditangani Seksi Pidana Khusus (Pidsus)," terang Sri Kuncoro Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Kediri saat rilis di Media Center Kantor Kejari, Rabu (21/7/2021).

Sri Kuncoro menambahkan, pihaknya masih terus mendalami dan menyelidiki kasus tersebut. Karena tidak mungkin akan ada tersangka baru dalan kasus proyek fiktif di Dinas Kominfo.

"Saat ini kami baru menetapkan satu orang sebagai tersangka. Namun tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru dalam kasus proyek fiktif tersebut. Karena tidak mungkin tersangka S menikmati uangnya sendirian," tegas Sri Kuncoro.

Kejari Kabupaten Kediri juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk melakukan pencekalan tersangka S berpergian keluar negeri.

"Kami sudah melakukan pencekalan terhadap tersangka, untuk tidak pergi keluar kota, karena proses penyelidikan masih terus berlanjut," kata Sri Kuncoro.

Dalam kasus ini tersangka S akan dijerat dengan pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 ayat 55 undang-undang tipikor dengan ancaman 20 tahun.***

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Agar Lolos Seleksi CPNS Kemenag, Begini Caranya

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:20 WIB
X