• Sabtu, 18 September 2021

Cegah Penularan Covid-19, Menteri Agama Minta Takbiran dan Sholat Idul Adha 1442 H di Rumah

- Jumat, 16 Juli 2021 | 18:41 WIB
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas / kemenag.go.id
Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas / kemenag.go.id

KABAR RAKYAT, Jakarta - Guna melindungi masyarakat dari penularan covid-19, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan takbiran dan sholat Idul Adha di rumah masing-masing saat penerapan PPKM darurat.

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 17 Tahun 2021 tentang peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, sholat Idul Adha dan petunjuk teknis pelaksanaan qurban 1442 H/2021 M.

"Edaran ini antara lain mengatur terkait dengan peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah. Artinya, di rumah-rumah ibadah tidak dilakukan kegiatan yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini," tegas Menag seperti dikutip Kabar Rakyat dari laman kemenag.go.id, Jumat (16/07/2021).

Baca Juga: Kemenag Pastikan Tiadakan Pemberangkatan Haji 2021, Begi Penjelasan Menteri Agama

Surat Edaran ini, kata Menag, juga mengatur penyelenggaraan takbiran. Menurutnya, takbiran di masjid/musala yang berada pada wilayah PPKM Darurat ditiadakan sementara. Demikian juga dengan takbiran keliling, dalam bentuk arak-arakan, baik menggunakan kendaraan maupun jalan kaki, ditiadakan.

"Kemenag mempersilakan umat muslim untuk tetap melaksanakan takbiran tetapi di rumah saja. karena itu tidak mengurangi sama sekali makna dari takbiran," jelas Menag.

"Tidak ada pelaksanaan salat Iduladha di masjid atau lapangan pada wilayah PPKM darurat. Jadi, di wilayah PPKM Darurat, takbiran dan Salat Id dilakukan di rumah masing-masing," tegasnya.

Baca Juga: Dukung PPKM Darurat, Pengadilan Agama Banyuwangi Sementara Waktu Hentikan Aktifitas.

Menag menambahkan, ketentuan yang sama juga berlaku untuk wilayah di luar PPKM, tapi masuk dalam zona merah dan oranye. Takbiran dan Salat Iduladha di masjid/musala yang masuk zona merah dan oranye juga ditiadakan, termasuk takbiran keliling. 

Halaman:

Editor: Hariyadi

Sumber: Kementerian Agama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Apresiasi Gerak Cepat PLN Antisipasi Korupsi

Jumat, 3 September 2021 | 23:00 WIB

Kasal Tinjau Langsung Pendidikan Komando Marinir

Minggu, 22 Agustus 2021 | 05:25 WIB
X