• Jumat, 22 Oktober 2021

Petani-Pedagang Tembakau Masih Merugi, Bupati: Harga Perlu Dinaikan Lagi

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 06:41 WIB
Bupati HM Al Khadziq meninjau jual beli tembakau di gudang milik PT Gudang Garam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, (26/8/2021). (Istimewa)
Bupati HM Al Khadziq meninjau jual beli tembakau di gudang milik PT Gudang Garam di wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung, (26/8/2021). (Istimewa)

KABAR RAKYAT, Temanggung - Bupati Temanggung HM Al Khadziq melakukan pemantauan pembelian tembakau di gudang Perwakilan PT Gudang Garam di Kecamatan Bulu, Temanggung, Kamis ( 26/8/2021).

Menurut Bupati, kualitas tembakau asli Temanggung dimusim ini semakin bagus, karena didukung cuaca yang baik, oleh karena itu ia meminta harga pembelian oleh pabrikan rokok seharusnya juga semakin tinggi.

"Harga pembelian oleh industri per hari ini para petani masih rugi, para pedagang juga masih rugi, oleh sebab itu tadi saya sampaikan permintaan para petani dan pedagang ke perwakilan Gudang Garam agar harga beli bisa dinaikkan lagi," katanya.

Hasil pantauan saat ini, di Temanggung dua pabrikan besar perwakilan PT Gudang Garam dan PT Djarum Kudus sudah membuka pintu pembelian tembakau petani. Namun menurut Bupati harga pembelian masih belum menguntungkan petani.

"Saya yakin sekarang musimnya bagus, cuacanya bagus, semakin tua tembakau kualitas juga akan semakin bagus, saya yakin harga juga akan semakin naik lagi," terangnya.

Baca Juga: TNI Kodam 1 Bukit Barisan Vaksinasi Massal Warga Indonesia Keturunan Thionghoa

Baca Juga: Gubernur Khofifah Minta Bupati atau Walikota Prioritaskan Vaksin untuk Para Pelajar

Bupati menegaskan, bahwa volume produksi tembakau asli Temanggung tahun ini sekitar 14 ribu ton. Bupati meminta ke perwakilan pabrik agar menyerap tembakau Temanggung sampai habis diakhir musim nanti.

"Tetapi saya juga mengajak seluruh petani dan pedagang, buatlah tembakau Temanggung yang sebaik-baiknya, tidak usah dicampur dengan tembakau dari luar. Kita ini orang Temanggung yang kita pentingkan tembakau Temanggung," katanya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X