• Jumat, 22 Oktober 2021

Gapoktanhut Sabrang Mandiri Hutan Lestari Gelar Selamatan Syuro di Hutan

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 05:18 WIB
Hutan Indonesia ilustrasi  (PIXABAY/Rolf van de Wal)
Hutan Indonesia ilustrasi (PIXABAY/Rolf van de Wal)

KABAR RAKYAT, Jember - Masyarakat petani hutan Sabrang, Ambulu Jember melakukan tradisi selamatan Syura untuk ngalap berkah berharap seluruh anggota Gabungan Kelompok Petani Hutan (Gapoktanhut) Sabrang 'Mandiri Hutan Lestari' dapat sejahtera dan hutan tetap lestari.

Sutrisno, Ketua petani petak kawasan hutan Sabrang, kepada Kabar Rakyat, Senin (23/8) pagi pukul 08.00 wib, mengatakan, "kegiatan selamatan Syura tahun ini, bertujuan supaya pekerjaan petani hutan terus diberi keselamatan, dan supaya semua diberi rezeki yang berlimpah-limpah".

Selamatan Syura para petani, di kawasan hutan Sabrang, masuk Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember ini, dulunya adalah perkampungan penduduk, Sutrisno bersama anggota Gapoktanhut Mandiri Hutan Lestari, lewat selamatan Syura ini memohon Tuhan YME, diberikan tanaman yang bagus.

"Maka dari itu kita semua memohon kepada Yang Maha Kuasa", ungkapnya dengan logat Jawa halus.

Baca Juga: Berhasil Tekan Covid-19, Presiden Jokowi Perpanjang PPKM Jawa Bali 24-30 Agustus

Petani penggarap hutan, Gapoktanhut Mandiri Hutan Lestari, jelas Sutrisno, selalu patuh aturan pemerintah, yakni menanam pohon jenis tanaman keras, seperti pete, alpukat, jengkol, duren, dan nangka. Tanaman keras tersebut, berfungsi untuk penghijauan supaya hutan tetap lestari dan buahnya bisa dimanfaatkan petani.

Sutrisno, petani, Ketua Petak Hutan Sabrang Ambulu Jember (Kava/Kabar Rakyat)

Sedang disela tanaman keras, petani hutan tersebut, akan tanam cabai, pepaya, jagung, kopi, pisang, dan jambu kristal. Termasuk lahan-lahan tidak produktif yang kosong akan ditanami anggota Gapoktanhut Mandiri Hutan Lestari.

"Lahan kosong, tidak ada pohon nya itu kita tanami tanaman keras yang bisa berbuah," ujarnya dengan menunjukkan tanaman yang berada di Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X