• Jumat, 22 Oktober 2021

Antuisme Warga Pesisir Banyuwangi Ikut Program Asuransi Nelayan Rendah

- Senin, 23 Agustus 2021 | 15:05 WIB
Perahu nelayan di plensengan Kelurahan Mandar Banyuwangi (Hariyadi/Kabar Rakyat)
Perahu nelayan di plensengan Kelurahan Mandar Banyuwangi (Hariyadi/Kabar Rakyat)

KABAR RAKYAT, Banyuwangi - Antuisme nelayan di wilayah pesisir Banyuwangi untuk mengikuti program asuransi yang digulirkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan masih rendah. Dari puluhan ribu nelayan yang tercatat di Dinas Perikanan Banyuwangi, hanya 100 orang lebih yang baru mengikuti asuransi nelayan mandiri.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Suryono Bintang Samudera mengatakan keikutsertaan nelayan dalam jaminan asuransi masih belum maksimal. Dari puluhan ribu nelayan, masih hanya sekitar ratusan yang terdaftar dalam jaminan asuransi.

"Belum semua, kalau angka persisnya saya kurang tahu. Perkiraan masih 100 lebih yang ikut asuransi mandiri," ucap Suryono kepada Kabar Rakyat, Senin (23/08/2021).

Baca Juga: Musisi di Banyuwangi Gelar Ngamen Online Galang Donasi

Menurutnya, jaminan asuransi bagi nelayan ini sangatlah penting dan diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudidaya Ikan dan Petambak Garam .

Ketentuan tersebut sebagai payung hukum program jaminan asuransi,  mengingat profesi nelayan memiliki tingkat risiko cukup tinggi jika terjadinya kecelakaan laut yang bisa berakibat cacat tubuh hingga meninggal dunia.

"Oleh karena itu, perlindungan asuransi bagi nelayan seharusnya menjadi sebuah kebutuhan yang mendasar," ucapnya.

Baca Juga: DPRD Banyuwangi Desak Eksekutif Untuk Sampaikan Dokumen KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun 2021

Suryono menjelaskan, ketidak ikutsertaan nelayan dalam asuransi ini dinilai sedikit menyulitkan langkah pemerintah dalam membantu nelayan ketika tertimpa musibah.

Halaman:

Editor: Hariyadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X