• Jumat, 22 Oktober 2021

Invetasi Tambak Udang Vaname Illegal di Kepanjen Jember Ditolak Warga

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 08:18 WIB
Investasi tambak udang direaksi masyarakat (ft. Istimewa)
Investasi tambak udang direaksi masyarakat (ft. Istimewa)

KABAR RAKYAT, JemberInvestasi tambak udang Vaname disinyalir tidak berizin resmi, direaksi warga tolak tambak dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) asal Desa Kepanjen Kecamatan Gumukmas, Jember, Rabu (11/8).

Kali ini, warga tolak tambak memasang sejumlah banner berisi penutupan tambak Udang Vaname yang disanyalir ilegal dan menyalahi aturan. Tiga Banner yang isinya tolak investasi tambak udang Vaname dipasang masyarakat tepi bangunan dua tambak udang.

Terpasang tepat di jalan lintas Selatan pinggir pantai dan dekat Balai Desa Kepanjen, bertuliskan 'Tutup Tambak Sempadan Pantai’. Tudingan bahwa investasi tambak udang Vaname diduga melanggar aturan; pertama, masalah sempadan Pantai, sistem Ipal,(Instalasi pengelolaan air limbah).

Baca Juga: Tradisi Ateran Tajin Sorah Sampang Menjaga Silaturahmi dan Syukur pada Allah

Kedua, masalah perizinan yang notabene banyak tambak udang Vaname yang sudah berdiri bertahun-tahun tapi ternyata tidak memiliki izin dari dinas terkait maupun perikanan dan kelautan.

Dipicu isu tersebut, masyarakat Kepanjen sengaja reaksi menolak keras, dengan alasan keberadaan tambak akan merusakan lingkungan. Pasalnya, pengusaha dan pengelola tambak dituding tidak perhitungkan dampaknya.

Simbol puluhan warga melawan investasi diduga illegal adalah warga mengikatkan kain warna merah putih ditangan mereka.

Baca Juga: Salah Paham Picu Perguruan Silat Pagar Nusa dan Kera Sakti Bentrok, Polres Jember Netralisir

"Kami memang akan berjuang menutup puluhan tambak yang tidak berizin atau bodong yang sudah berdiri tahunan di sepanjang jalan lintas selatan kepanjen", ungkap Setyo, Koordinator Masyarakat Penolak Tambak Kepanjen.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X