• Jumat, 17 September 2021

Bupati Hendy Ingin Jember sebagai Produsen Kopi Terbaik Dunia

- Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:14 WIB
Bupati Jember Hendy Siswanto
Bupati Jember Hendy Siswanto

KABAR RAKYAT, Jember - Bupati Jember  Hendy Siswanto mengatakan bahwa  Kabupaten Jember dengan topografinya yang beragam mulai dataran rendah hingga dataran tinggi, memiliki potensi untuk ditanami bermacam jenis tanaman pangan dan holtikultura maupun perkebunan, termasuk di antaranya kopi dan kakao.

Sebagai Negara penghasil kopi terbesar ketiga dunia, setelah Brazil dan Vietnam, kata Bupati Hendy,  Indonesia mampu memproduksi sedikitnya 768 ribu ton atau 6,6 persen dari produksi kopi dunia pada tahun 2012. Dari data tersebut untuk kopi robusta mencapai lebih dari 601 ribu ton dan produksi kopi arabika mencapai lebih dari 147 ribu ton,” jelas Bupati Hendy dalam pemaparannya.

Sudah lebih dari 150 tahun Brazil memegang predikat sebagai produsen kopi terbesar dunia. Perkebunan kopi seluas 27 ribu kilometer persegi menghasilkan kopi terbaik yang banyak dinikmati warga dunia.

Baca Juga: Bupati Jember Definitifkan 676 Pejabat, Sebagian Besar ASN Pendidikan dan Kesehatan

Brazil tercatat sebagai penghasil kopi terbanyak di dunia. Jika dirata-rata, Brazil mampu menghasilkan 53 juta karung kopi dalam rentang waktu tahun 2013 sampai 2018. Bukan hanya banyak, kopi asal Brazil ini juga terkenal dengan kualitasnya.

Setelah Brazil ada kopi Vietnam, Kolombia dan kemudian Indonesia. Jika dibandingkan luas kebun kopi, maka Indonesia termasuk yang memiliki kebun kopi paling luas namun hasil produksinya masih terbatas.

Membahas soal kopi Brazil, ternyata kopi ini sudah ditanam sejak abad ke-18. Masyarakat Brazil kuno sudah mengenal dan menikmati kopi, namun tentunya dengan cara yang sangat klasik.

Baca Juga: Penjual Hewan Kurban Mengaku Omzet Turun Signifikan

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta unik tentang kopi Brazil yang kini mendunia dan dinikmati hampir seluruh warga dunia.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X