• Senin, 25 Oktober 2021

Ada PPKM Darurat COVID-19 Pedagang ‘Menangis’ Pegawai Gaji Tak Seberapa Dirumahkan

- Jumat, 9 Juli 2021 | 01:25 WIB
Pedagang Kopi di Bondowoso
Pedagang Kopi di Bondowoso

KABAR RAKYAT, Bondowoso - Sejak pemerintah terapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat COVID-19, semua kegiatan ekonomi tersendat. Para pelaku usaha mengaku 'menangis' sulit cari nafkah.

Inilah dirasakan pedagang seperti pemilik cafe, warung makan dan terlebih PKL (pedagang kaki lima)di Bondowoso. Transaksi mereka anjlok drastis, bahkan berat hati merumahkan pegawai yang gajinya tak seberapa.

Salah satunya, Shaf cafe di Jalan Letjend Panjaitan Taman Sari Bondowoso, tetap berusaha untuk buka. Tetapi tampak sangat sepi. Hanya ada satu-dua orang yang datang membeli minum. Itupun dibawa pulang.

Baca Juga: Pilkades Bondowoso di Depan Mata, Tinggal Revisi Perbup 17-2021

Pringgo Cahyo Pemilik Cafe Shaf mengatakan, penerapan PPKM Darurat justru lebih terasa dampaknya dibandingkan awal pandemi. "Sekarang meskipun take away, masyarakat ketakutan juga karena khawatir di-swab. Selain itu pengunjung juga ingin nongkrong tapi tidak diperbolehkan. Akibatnya transaksi anjlok," paparnya, Kamis (8/7/2021).

Menurutnya, saat pelaksanaan new normal, kunjungan atau transaksi di cafe miliknya bisa mencapai 100-150 transaksi setiap hari. "Tetapi setelah PPKM Darurat ini turun hingga 90 persen lebih. Tanggal 3 Juli transaksi masih 10, tetapi turun setiap hari. Kemarin hanya ada enam transaksi," ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Pringgo ini, terpaksa merumahkan 80 persen karyawannya. Dari 10 karyawan, hanya dua orang yang masuk setiap hari.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Sukabumi Temukan Pelanggaran Prokes di Yongjin

Dua orang yang tetap masuk adalah mereka yang punya tanggungan lebih berat di keluarganya. Diantaranya yakni karyawan yang suaminya tidak bisa bekerja karena kecelakaan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X