• Jumat, 22 Oktober 2021

Brand Bondowoso Republik Kopi akan Diaktifkan Kembali

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 01:07 WIB
Ilustrasi Kopi ( Pixabay/. Hermann & F. Richter)
Ilustrasi Kopi ( Pixabay/. Hermann & F. Richter)

KABAR RAKYAT, Bondowoso - Brand Bondowoso Republik Kopi (BRK) akan dihidupkan kembali setelah potensi ekonomi itu selama 2 tahun vakum. Itu dikatakan Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar dengan harapan aktifitas perkopian di kota Tape itu menggeliat kembali.

Menurut Irwan, Bondowoso Republik Kopi bukan sekedar nama, tetapi harus diiringi kegiatan untuk menggeliatkan ekonomi kembali perkopian. Terutama pembinaan kepada petani kopi.

Disampaikan, Bondowoso merupakan daerah yang ekonomi juga dikenal penghasil kopi terbaik di Indonesia. Pasalnya secara geografis, 48 persen areanya adalah perbukitan yang ketinggiannya 500 hingga di atas 1000 mdpl. Saat ini lahan kebun kopi di Bondowoso mencapai 13.649 hektar.

Baca Juga: Pengguna Facebook Diperas Rp50 juta oleh 4 Polisi Gadungan, Begini Ceritanya

Tersebar di dua kawasan, yakni kawasan lereng Ijen Raung yang berbatasan dengan Banyuwangi dan Situbondo. Serta area barat di Lereng Argopuro yang berbatasan dengan Jember dan Probolinggo.

Adapun rencana untuk menghidupkan kembali BRK diucapkan langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rachmat. Menurutnya, branding BRK sangat pas untuk mengorbitkan nama daerah.

Langkah awal yang akan dilakukan kata dia, yakni merumuskan kembali konsep BRK. Tujuannya untuk meningkatkan kembali produksi di dua area perkebunan kopi. Yakni Ijen Raung yang meliputi Sumberwringin, Kecamatan Ijen dan sekitarnya. Termasuk di lereng Hyang Argopuro yang meliputi Kecamatan Pakem, Maesan dan Curahdami.

Baca Juga: Mahasiswa KKN BTV III UNEJ, Dorong Terciptanya Kampung Literasi di Karanganyar, Tegalbesar, Kaliwates, Jember

"Jadi ada dua kawasan Ijen Raung yang sudah memiliki IG Klaster Kopi Arabica Java Ijen Raung. Hyang Argopuro kita akan bumikan mulai Kupang, Andungsari, Kecamatan Pakem dan Kecamatan Maesan. Tentu tidak mengesampingkan Bondowoso Kota Tape," jelasnya.***

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Kejutan Promo 10.10, Ini Penawarannya

Rabu, 29 September 2021 | 13:39 WIB

Ativitas Ekonomi di Puncak Bogor Mulai Menggeliat

Selasa, 24 Agustus 2021 | 20:37 WIB
X