• Selasa, 3 Agustus 2021

LKNU dan LAZISNU di ‘Kota Tape’ Melayani Konsultasi Warga Isoman, Gratis

- Jumat, 23 Juli 2021 | 03:07 WIB
Ketua LKNU Bondowoso, dr. Habib Muzakki
Ketua LKNU Bondowoso, dr. Habib Muzakki

KABAR RAKYAT, Bondowoso - Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Bondowoso memfasilitasi warga masyarakat yang jalani isolasi mandiri (Isoman). Memberi konsultasi gratis untuk proses pemulihan pasien. 

Layanan LKNU ini, timbul dari rasa keprihatinan lonjakan kasus positif COVID-19 di Bondowoso, baik perawatan medis rumah sakit (RS) dan Isoman. Layanan konsultasi gratis LKNU dibagi lima zona.

Masing-masing zona ada tiga sampai empat petugas yang sudah komit dan siap melayani konsultasi. Caranya, warga langsung menghubungi layanana WhatsaApp di nomor sesuai zona masing-masing.

Ketua LKNU Bondowoso, dr. Habib Muzakki via ponselnya mengatakan, "jumlah total tenaga medis ada sekitar 18 petugas yang akan memberikan layanan. Mereka terdiri dari dokter, perawat dan bidan."

Dijelaskan dr. Habib Muzakki, "semua akan bergerak memberikan apa yang kita bisa. Ilmu kita, untuk membantu masyarakat  yang isolasi mandiri."

Menurutnya, pasien Isoman yang jumlahnya ada ratusan orang, kadang mereka (pasien) bingung apa yang harus dikerjakan dalam rumah. "Untuk meningkatkan imun, mereka banyak yang belum tahu. Jadi kita beri layanan konsultasi selama 24 jam," Ujarnya.

Lewat layanan konsultasi ini, imbuhnya, para dokter LKNU akan memberi edukasi kepada masyarakat dan bimbingan cara-cara mengatasi sendiri keluhan yang dialami. Misalnya, asupan makanan apa baik untuk Imun.

Sejauh ini, imbuh dr. Habib, telah banyak warga berkonsultasi dengan medis dan nakes dari LKNU. Rata-rata, keluhannya batuk dan tidak bisa mencium bau. "Kalau masih bisa makan enak kami sarankan isolasi di rumah dan lakukan dengan benar," jelasnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X