• Kamis, 23 September 2021

Pemda Bondowoso Siap Kelola Wisata Kalipahit, Begini Jawaban BKSDA III

- Sabtu, 3 Juli 2021 | 04:48 WIB
Wisata Kalipahit (Konservasi Kawah Ijen)
Wisata Kalipahit (Konservasi Kawah Ijen)

KABAR RAKYAT, Bondowoso -  Pasca tim Siber Preman & Pungli, Polres Bondowoso menangkap pelaku pungutan liar (pungli) di wisata alam Kalipahit dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) III Jember, pintu masuk pengunjung ditutup sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Dikonfirmasi wartawan, Purwantono, Plh Kepala BKSDA Wilayah III Jember, pemasangan pagar kawat ini sebenarnya sudah dilakukan sejak pertengahan Mei 2021 lalu, juga ada pengumuman. "Kemarin kan sudah dipagari sejak sekitar bulan Mei. Ada tulisan spanduk juga," ujarnya.

Baca Juga: LaNyalla Tegaskan Saat PPKM Darurat Akan Ada Bansos yang Harus Tepat Sasaran

Ia mengaku ke depan pihaknya akan terus memonitor kawasan tersebut agar tidak kembali muncul pelaku pungutan liar lainnya. Pasalnya, meski telah berubah status dari Cagar Alam menjadi Taman Wisata Alam, Kali Pahit belum dijadikan objek wisata.

"Tapi pagarnya bukan pagar tertutup, orang masih bisa melintas. Cuma kan jadi perhatian orang, kalau seperti ini tak bisa masuk. Kalau yang sadar, yang tidak ya bisa saja nekat," urainya.

Sementara terkait kerjasama pengelolaan sebagai objek wisata dengan Bondowoso, katanya, pihaknya hanya pelaksana di lapangan. Yang berwenang memberikan izin, BKSDA Jawa Timur. "Kebijaksanaan tersebut ada di Balai Besar KSDA Jawa Timur, " ujarnya.

Baca Juga: Dinas Jabar Pastikan Mengakomodir ke Swasta Bagi Siswa Tidak Mampu yang Tak Lolos PPDB

Arif Setyo Raharjo, Kepala Bidang Pariwisata, Disparpora Bondowoso menuturkan, pihaknya telah berkirim surat permohonan ke Kementerian LHK melalui Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur. Agar Kali Pahit bisa menjadi destinasi wisata yang dikerjasamakan dengan pemerintah daerah.

"Saat ini kami masih menunggu persetujuan dari Kementerian LHK,  dan BKSDA berkaitan itu. Surat permohonan sudah kami ajukan, pada awal Januari 2021," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Bondowoso Mulai Pulihkan Sektor Pariwisata

Rabu, 15 September 2021 | 21:12 WIB

Tingkat Hunian Hotel Sejak PPKM Terjun Bebas

Rabu, 14 Juli 2021 | 00:00 WIB
X