• Sabtu, 12 Juni 2021

Ditengahi Pemprov Jatim, Begini Batasan Wilayah Banyuwangi - Bondowoso

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 11:57 WIB
Pertemuan dua kepala daerah, Banyuwangi dan Bondowoso di Pemprov Jatim. (foto. Istimewa/Alifah Bahsa)
Pertemuan dua kepala daerah, Banyuwangi dan Bondowoso di Pemprov Jatim. (foto. Istimewa/Alifah Bahsa)

KABAR RAKYAT - Batas wilayah dua kabupaten, Bondowoso dengan Banyuwangi, 14 tahun lamanya jadi topik diskusi dan perdebatan. Akhirnya sudah ada titik temu setelah Kemendagri turun tangan fasilitasi dua kepala daerah ditengahi Plh, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Kamis (3/6/2021).

 

Bupati Salwa Arifin, menerangkan, untuk batas-batas yang telah disepakati seperti di sekitar Gunung Raung, sekitar Gunung Rante, sekitar Kawah Ijen, serta sekitar Gunung Ringgit.

 

"Sisi tepi bibir Kawah Ijen sebelah barat itu wilayah Bondowoso. Kemudian, sisi bibir sebelah timur Kawah Ijen itu wilayah Banyuwangi," ungkapnya saat dikonfirmasi Jumat (4/6/2021).

Baca Juga: Tunggu Ijin Komplit, Pembangunan Masjid Muhammadiyah Sraten di Mulai Lagi

Bupati Bondowoso juga Pimpinan Ponpes Manbaul Ulum ini menambahkan, bahwa sebagai pelaksanaan atas ketentuan PP 43 tahun 2021 dengan difasilitasi oleh Kementerian dalam Negeri dan Gubernur Jawa Timur serta menghadirkan ke dua kepala daerah.

 

Maka, penegasan batas daerah antara dua kabupaten khususnya sub segmen di atas perairan kawah Ijen telah disepakati. "Alhamdulillah, semua ini telah disepakati bersama kedua kabupaten (Bondowoso - Banyuwangi)," ujarnya.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X